PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 2 MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON.

Publikasi Unusia

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 2 MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON.

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 2 MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON.
Penulis: TITI AMILASTRI
Abstrak: ABSTRAK TITI AMILASTRI NIM. 2015.1.18.1.02130 PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 2 MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Skripsi ini membahas pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 2 Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2109. Kajiannya dilatarbelakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah diera modern, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh didalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dengan adanya metode pembelajaran Field Trip ini siswa diharapkan menjadi antusias dalam belajar dan termotivasi untuk lebih tahu secara langsung apa yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 2 Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunankan angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) untuk mendapatkan data metode field trip (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang hasil belajar PAI (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena mengambil seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 2 Munjul Kecamatan Astanajapura Kavupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 33 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu predictor dan dua variable yang ada yaitu variable X (metode field trip) dan variable Y (hasil belajar PAI). Kemudian data penelitian dari kedua variable tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui hasil belajar PAI didapatkan dari nilai tes. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara metode field trip (X) terhadap hasil belajar PAI (Y). hal ini ditunjukan oleh koefisien korelasi r_xy = 0,11 ada pengaruh antara variable X dan Y. sementara itu f_hitung 0,10 t_(tabel ) 0,36 artinya tidak signifikan. Penerapan metode field trip diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah. metode field trip ini, diharapkan siswa akan merubah cara belajar dari cara belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah khususnya di SD Negeri 2 Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : metode field trip, hasil belajar pai Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/193
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya