KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA.

Publikasi Unusia

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA.

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.advisor Dr. H. Endang Saputra, M.Pd.
dc.contributor.author SYAMSUDIN KADIR
dc.contributor.editor SYAMSUDIN KADIR
dc.contributor.other Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI
dc.contributor.other Dr. Taufik Ridwan, M.Hum
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:51:57Z
dc.date.available 2022-05-11T12:51:57Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-07-01
dc.identifier 2014.17.01973
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2VeOtGv4oJinmi8Tk4WgKpuiCGdLT%2ByfjFDAgmKkZxiDTZuEIyapVb8F9l4v68leUfcSUC4U4T31SxP4pcEkZVwqbGCgHJmfZdfotPoJT26RpviWbtsutj7Njc9nbQxcJOL4%2F3V13GfsUo85RkEerf1JIDf6ImLNJI%3D
dc.description Kata Kunci : Konsep Pendidikan Islam, Pemikiran Tokoh terhadap Konsep Pendidikan Islam. Referensi :
dc.description.abstract Skripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata” ini ditulis oleh Syamsudin Kadir NIM 20141701973 dibawah bimbingan Dr. H. Endang Saputra, M.Pd. dan Dr. Iffan Ahmad Ghufron, M.Phil. Skripsi ini mendeskripsikan mengenai konsep pendidikan Islam perspektif Abuddin Nata perihal pengertian, tujuan dan landasan dasar pendidikan Islam kaitannya dalam mengembangkan kembali pendidikan Islam khususnya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mengidentifikasi mengenai pemikiran seorang tokoh bernama Abuddin Nata tentang suatu konsep pendidikan dalam hal ini pendidikan Islam mencakup pengertian, tujuan dan landasan dasar pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pemikiran tokoh melalui kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mencari data-data dari berbagai buku referensi dan referensi lain yang diakui secara akademik yang membahas mengenai pendidikan Islam dan pemikiran Abuddin Nata khususnya di bidang pendidikan Islam. Pada hasil penelitian yang dapat diperoleh oleh penulis, terdapat beberapa konsep Abuddin Nata tentang pendidikan Islam. Dari konsep-konsep tersebut dapat disimpulkan bahwa secara garis besar konsep pendidikan Islam Abuddin Nata yaitu pendidikan Islam memiliki makna sekaligus pengertian tersendiri sesuai dengan ajaran Islam, dengan tujuan dan landasan dasarnya yang khas dan bersumber pada al-Qur’an, sunnah dan ijtihad. Menurut Abuddin Nata, dasar pendidikan terdiri atas dasar keagamaan, kemudian dasar filsafat dan ilmu pengetahuan. Dasar keagamaan bersumber dari al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad; dasar filsafat bersumber dari pemikiran filsafat; dan sumber ilmu pengetahuan berasal dari hasil penelitian terhadap fenomena alam dan fenomena sosial. Dasar keagamaan sendiri berfungsi memberikan nilai keimanan dan akhlak bagi kegiatan pendidikan. Dasar filsafat memberi dasar dalam perumusan visi, misi, tujuan, dan berbagai aspek lainnya tentang pendidikan. Adapun dasar ilmu pengetahuan memberikan masukan bagi penyusunan berbagai komponen pendidikan. Dasar ilmu pengetahuan terdiri dari ilmu psikologi, ilmu sosial, ilmu budaya, ilmu ekonomi, ilmu politik dan ilmu administrasi. Dengan begitu, menurut Abuddin Nata, pendidikan Islam tidak boleh jumud atau kaku dalam menghadapi tantangan zaman, sebab pendidikan Islam mesti dinamis dan fleksibel dengan tetap berlandas kepada sumber ajaran Islam, sehingga semakin mampu menghadapi tantangan zaman dan kemajuan dunia yang semakin kompetitif; bahkan mampu menghadirkan peradaban umat manusia yang semakin bermartabat dan beradab.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject Konsep Pendidikan Islam, Pemikiran Tokoh terhadap Konsep Pendidikan Islam.
dc.title KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA.
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273517296_W ... 019-06-24 at 17.03.04.jpeg 46.13Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya