pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas v sd negeri 1 karang reja kecamatan suranenggala kabupaten cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas v sd negeri 1 karang reja kecamatan suranenggala kabupaten cirebon |
Penulis:
|
INAR NUR SEPTIMA
|
Abstrak:
|
Penelitian ini berawal dari permasalahan pembelajaran yang ditemukan di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, khususnya pada pembelajaran tematik terpadu, yang berupa rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media poster berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang: (1) penggunaan media poster pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon dan (3) pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Media poster adalah media visual berbentuk gambar yang penuh dengan warna, mengandung pesan dan informasi yang menarik dengan tujuan menarik perhatian siswa untuk fokus terhadap materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Dalam pengumpulan datanya, penyusun menggunakan angket dan untuk menganalisis datanya, penyusun menggunakan analisis korelasi Pearson Pruduct Moment (PPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon adalah ”baik” (85%). Begitu pula dengan hasil belajar siswanya termasuk dalam kategori ”tinggi” (84%). Dengan demikian media poster berpengaruh ”sangat kuat” (rxy = 0,95) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, dengan nilai Koefisien Determinasi sebesar 90% dan t-hitung sebesar 17,259. Sementara itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 17,259 > 2,036. Hasil akhir uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho ditolak. Sehingga kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 1 Karang Reja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
media poster, hasil belajar dan pembelajaran tematik terpadu kelas v SD
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR6t7SMepqyLXJK9KmTODfs0cbD7cJLGHDEqFjoI%2Fk%2Fk6I1BAnU3SF%2Fy3ADrLah4PNdMY0gx%2FJE5%2FQE1nPm3ZkOlKdzS%2FUfufOU%2FVK0cVD9w4L6rUbm1JQWy3m8UJTfLW8%2Bls%2BTumLdXR58ZPSFmOUzOwHJJSyjgM7k%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap