Efektivitas media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal AL-Qur;an pada anak kelompok B RA An-Nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal AL-Qur;an pada anak kelompok B RA An-Nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektivitas media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal AL-Qur;an pada anak kelompok B RA An-Nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon
Penulis: MELISAH
Abstrak: ABSTRAK MELISAH NIM. 2015.4.3.1.00506 “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelompok B Di Ra An Nur Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Mendengarkan Al-Qur’an melalui audio visual sangatlah baik bagi perkembangan konsentrasi otak anak sehingga akan semakin mudah menghafal Al-Qur’an.Berdasarkan observasi data RA An nur kelompok B usia 5-6 tahun, kemampuan menghafal Al-Qur’an yang sampai saat ini sebagian besar masih belum bisa dikatakan berhasil sesuai harapan dikarenakan kurangnya intraksi guru terhadap anak. penelitian ini mengetahui seberapa baik kemampuan menghafal Al-Qur’an sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual pada anak kelompok B di RA An nur jagasatru dan seberapa baik kemampuan menghafal Al-Qur’an sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual pada anak kelompok B di RA An nur jagastru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one group pre and post test deisgn. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test kemampuan menghafal al-qur’an kepada anak dikelompok B di RA An nur Kecamatan Mundu kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar penilaian tes untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual (X1) dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual (X2). Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena hanya menggunakan anak kelompok B sebagai subjek penelitian berjumlah 10 anak. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan menghafal al-qur’an sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual sebesar 39%, dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual sebesar78,5%. Setelah dilakukan uji hipotesis kita ketahui bahwa t0 lebih besar dari t tabel yaitu : 16 e 2,228, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menghafal al-qur’an pada anak kelompok B RA An nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual. Penulis merekomendasikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an pada anak. Kata Kunci : Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR5pYWNqujVjVVnTtoXC3vhzl49Va8yXXfrmiQ8Kb7JTY0u18aRGPgKOXu6mHXZ1Fi6w%2B3ULLDOITH9t8HueqGseELhmeoh476HOoybjL06OgCm%2FwZkEefnPKLlo79Jzq2CeXT%2BnNZUdwUezd9yNnYYat1q2FjBRpiE%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273497494_S ... SAH PIAUD A-dikonversi.pdf 789.9Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273498464_IMG-20190801-WA0011.jpg 272.5Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektivitas media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal AL-Qur;an pada anak kelompok B RA An-Nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya