Efektivitas media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal AL-Qur;an pada anak kelompok B RA An-Nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal AL-Qur;an pada anak kelompok B RA An-Nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
MELISAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK
MELISAH NIM. 2015.4.3.1.00506 “Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelompok B Di Ra An Nur Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.
Mendengarkan Al-Qur’an melalui audio visual sangatlah baik bagi perkembangan konsentrasi otak anak sehingga akan semakin mudah menghafal Al-Qur’an.Berdasarkan observasi data RA An nur kelompok B usia 5-6 tahun, kemampuan menghafal Al-Qur’an yang sampai saat ini sebagian besar masih belum bisa dikatakan berhasil sesuai harapan dikarenakan kurangnya intraksi guru terhadap anak.
penelitian ini mengetahui seberapa baik kemampuan menghafal Al-Qur’an sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual pada anak kelompok B di RA An nur jagasatru dan seberapa baik kemampuan menghafal Al-Qur’an sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual pada anak kelompok B di RA An nur jagastru.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian one group pre and post test deisgn. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test kemampuan menghafal al-qur’an kepada anak dikelompok B di RA An nur Kecamatan Mundu kabupaten Cirebon.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar penilaian tes untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual (X1) dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual (X2). Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena hanya menggunakan anak kelompok B sebagai subjek penelitian berjumlah 10 anak.
Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan menghafal al-qur’an sebelum menggunakan media pembelajaran audio visual sebesar 39%, dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual sebesar78,5%. Setelah dilakukan uji hipotesis kita ketahui bahwa t0 lebih besar dari t tabel yaitu : 16 e 2,228, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menghafal al-qur’an pada anak kelompok B RA An nur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio visual.
Penulis merekomendasikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audio visual sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an pada anak.
Kata Kunci : Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR5pYWNqujVjVVnTtoXC3vhzl49Va8yXXfrmiQ8Kb7JTY0u18aRGPgKOXu6mHXZ1Fi6w%2B3ULLDOITH9t8HueqGseELhmeoh476HOoybjL06OgCm%2FwZkEefnPKLlo79Jzq2CeXT%2BnNZUdwUezd9yNnYYat1q2FjBRpiE%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap