IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM KARYA AL-ZARNUJI DI MUSHOLA AL-HIDAYAH BLOK LOJOK RT/RW 08/03 DESA KONDANGSARI KEC. BEBER KAB. CIREBON TAHUN 2018
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM KARYA AL-ZARNUJI DI MUSHOLA AL-HIDAYAH BLOK LOJOK RT/RW 08/03 DESA KONDANGSARI KEC. BEBER KAB. CIREBON TAHUN 2018 |
Penulis:
|
SITI CHODIJAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK SITI CHODIJAH, NIM : 2014.17.01957 “Implementasi Pendidikan Karakter dalam kitab Ta’lim AL—HIDAYAH BLOK LOJOK RT/RW 08/03 DESA KONDANGSARI KEC. BEBER KAB. CIREBON TAHUN 2018” Perilaku hidup kalangan terpelajar seperti santri ataupun pelajar dalam menerapkan karakter baik perlu dibina. Jika tidak, maka pendidikan yang dipelajari hanya akan membekas sebagai pengetahuan saja dan tidak terimplemntasikan dalam kesehrian.pembinaan karakter itu dapat dilaksanakan dilembaga pendidikan baik formal ataupun informal seperti sekolah,bimbingan belajar dan lain-lain.Namun yang paling efektif dalam menciptakan lingkungan yang berkarakter baik adalah pondok pesantren. Hal tersebut dikarenakan pondok pesantren merupakan tempat pendidikan baik formal ataupun informal dengan pengawasan hampir 24 jam, dimulain dari santri bangun sampai tertidur kembali. Karakter yang tidak terbina dengan baik akan melahirkan manusia-manusia berakhlak buruk dan bertindak kriminal. Hampir setiap hari ditayangkan ditelevisi tindak pidana korupsi, tawuran antar pelajar, pelecehan seksual dan sebagainya. Itu semua adalah akibat dari pendidikan yang hanya berfungsi sebagai penanaman ilmu, bukan penanaman akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembinaan karakter di Musholah Al-Hidayah Blok Lojok, Rt/Rw 08/03 Desa Kondangsari Kec. Beber Kab. Cirebon. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada penelitian terhadap kitab Ta’lim al-Muta’allim dan implementasinya di Mushola Al-Hidayah. Kitab Ta’lim Al-Muta’allim adalah kitab yang menerangkan tentang karakter-karakter baik yang mesti dilakukan oleh seorang santri, guru atau siapa saja yang berkecimpung didalam ilmu pengetahuan agar mendapatkan barakah dan tuntunan agama. Metode yan digunakan dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam mendeskripsikan dan memaparkan tentang Implementasi Pendidikan Karakter dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Al-Zarnuji Di Musholah Al-Hidayah adalah metodw kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini bersipat teoritik dan empirik. Dta teoritik berasal dari kitab, buku-buku, ataupun literaturyang berkaitan dengan judul skripsi ini. Sumber penelitian adalah Sesepuh, Pengurus, Pengajar, Santri dan Wali santri semuanya berjumlah 5 informan. Selanjutnya untuk memperoleh kesimpulan penelitian, setelah data terkumpul dilakukan tahap analisis data yang dikumpulkan melalui teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa Mushola Al-Hidyah telah mengimplementasikan pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim fasal keempat tentang menghormati guru dan ilmu. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Musholah Al-Hidayah. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Implementasi, Pendidikan Karakter, Musholah Al-Hidayah.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR7cepY95T2FWxrsORXOpPCOvEyP2iSFjzlJ7Re9kk%2BUVWk3%2Bq4jXg%2FWUiOKGUQMh2EHZpeFPr8hLkIdt8iR9Ho1u25LYiLh6R31WR2XIfdT%2B7pPitnD3oSXavZoCNh%2FKYJ8XMLiVwb919G4agkYB4Chs%2FgKMA1vZ2k%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap