PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIMANAN KABUPATECIREBONTAHUN AJARAN 2018/2019
Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor |
Gama Pratama , M.Pd. |
|
dc.contributor.advisor |
Dr. Amirudin, M.M. |
|
dc.contributor.author |
FIKRIYA |
|
dc.contributor.editor |
FIKRIYA |
|
dc.contributor.other |
H. Ahmad Munajim, MM |
|
dc.contributor.other |
Dr. Taufik Ridwan, M.Hum |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-11T12:51:27Z |
|
dc.date.available |
2022-05-11T12:51:27Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2019-07-02 |
|
dc.identifier |
2015.3.3.1.00226 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR55ijds%2FdwGbVeriO8tardyIgTrPhrovF5WrO986RoiE9%2Ftz144DIsKYdHHupuRdo2f68yzP9zL0V8zC6xK%2Fl2ez3OxiynD7LQ6ZmVXqG3Jx04Ei9oWSeLdBKpocIj7MW0iznCbQhpie9GoUwPLF34vyGnxxKS9Kwc%3D |
|
dc.description |
Kata Kunci :
Penerapan, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
ABSTRAK FIKRIYA. NIM. 2015.3.3.1.00226 PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIMANAN KABUPATECIREBONTAHUN AJARAN 2018/2019 Skripsi Ini Membahas Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Di Sekolah Dasar Negeri 1 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebontahun Ajaran 2018/2019. Kajianya dilatarbelakangi oleh Kurangnya perhatian guru terhadap penggunaan metode, Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam,dan Kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini guna mengetahui apakah ada pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gaya Di Sekolah Dasar Negeri 1 Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebontahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Palimanan Timur yang Berjumlah 28 siswa dari kelas A dan B.jumlah sampel yaitu siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen Sekolah Dasar Negri 1 Palimanan Timur yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yakni dengan menggunakan tes dan juga dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta analisis akhir atau pengujian hipoesis mengunakan uji T berbantuan sofware SPSS 21.0 for windows. hasil posttest diperoleh nilai t-hitung sebesar 4245 dengan db =38. Dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikan 5% dan db = 38 diperoleh. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (4245>2024) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil mean posttest kelas eksperimen yaitu 73 dengan peningkatan skor sebesar 41 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 52 dengan peningkatan skor sebesar 24. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi lebih efektif dari pada yang tidak menggunakan metode dalam pembelajaran IPA. |
|
dc.publisher |
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
|
dc.subject |
Penerapan, Metode Pembelajaran, Hasil Belajar |
|
dc.title |
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIMANAN KABUPATECIREBONTAHUN AJARAN 2018/2019 |
|
dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana