Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | Penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Astanajapura Cirebon |
Penulis: | APRITA ALAWIYAH SARI |
Abstrak: | APRITA ALAWIYAH SARI. NIM: 2014.17.01869, “Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon”. Penelitian ini berawal dari permasalahan pembelajaran yang ditemukan di kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon, khususnya pada pembelajaran PAI tentang Meningkatkan Kesejahteraan Umat melalui Wakaf, yang berupa rendahnya hasil belajar siswa. Masalah tersebut didekati dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: (1) hasil belajar PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon sebelum penerapan strategi pembelajaran inkuiri, (2) hasil belajar PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon sesudah penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan (3) perbedaan hasil belajar PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon antara sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran inkuiri. Strategi pembelajran inkuiri adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Dalam proses pembelajaran, siswa dituntut aktif dan kreatif memecahkan masalah dan menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan jenis penelitiannya merupakan penelitian komparatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan tes tulis dan untuk menganalisis datanya menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa Hasil belajar PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon sebelum penerapan strategi pembelajaran inkuiri adalah “rendah”. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata kelas hasil tes tulis siswa hanya sebesar 70 sedangkan KKM-nya 75. Sementara itu, Hasil belajar PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Astanajapura Cirebon sesudah penerapan strategi pembelajaran inkuiri adalah “tinggi”. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata kelas hasil tes tulis siswa yang mencapai angka 85. Dengan demikian antara sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran inkuiri terdapat perbedaan yang signifikan. Hal itu terbukti dari hasil perhitungan t-hitung di mana nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, yakni: 9.8160 > 1.9967. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran inkuiri efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Strategi pembelajaran inkuiri,hasil belajar dan pembelajaran PAI Referensi : |
URI: | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/162 |
Tanggal: | 2019-07-01 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |