MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AL IRSYAD LEMAHABANG CIREBON

Publikasi Unusia

MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AL IRSYAD LEMAHABANG CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AL IRSYAD LEMAHABANG CIREBON
Penulis: SRI MULYANI
Abstrak: ABSTRAK SRI MULYANI. NIM. 2014.3.2.00204 MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DI TK AL-IRYAD LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas pembelajaran sentra persiapan di TK AlIrsyad Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini memerlukan model yang tepat agar dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan perkembangan anak.Model Beyond Centers and Circle Time (BCCT) atau Sentra dan Saat Lingkaran mendasarkan pada asumsi bahwa anak belajar melalui bermain dengan benda-benda dan orang-orang di sekitarnya (lingkungan). Permainan merupakan cara yang baik yang dapat merangsang perkembangan anak. Proses belajar pun akan berjalan efektif ketika anak dalam kondisi senang dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui model dan proses pembelajaran sentra serta untuk mengetahui sistem evaluasi pembelajaran sentrakhususnya dalam pembelajaran sentra persiapan di TK AlIrsyad Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi participant, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan gabungan ketiganya atau triangulasi data untuk mendapatkan data tentang pembelajaran sentra persiapan denganmengambil sampel siswa kelompok B. Hasil dari penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan model sentra dan lingkaran di TK AlIrsyad sudah berjalan sesuai dengan teori mengenai model sentra dan lingkaran, terbukti dari pembelajarannya yang dirancang dalam bentuk sentra-sentra dan ruangan yang sudah dilengkapi dengan media pembelajaran atau alat permainan edukatif (APE) yang dapat merangsang berbagai kecerdasan anak.Setiap proses pembelajarannya didesain dalam bentuk permainan yang terencana dan terarah. Pelaksanaan pembelajaran dengan model sentra persiapan berjalan dengan sesuai, hal ini terbukti dari pemberian 4 jenis pijakan main oleh guru untuk mendukung pengembangan kecerdasan anak. pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main.Kegiatan evaluasi pembelajaran setiap hari dilihat dari lembar evaluasi perkembangan anak saat pembelajaran berlangsung atau setelah proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran BCCT sentra persiapan dapat mengoptimalkan kemampuan kecerdasan kognitif anak. Kata Kunci : Model pembelajaran, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Sentra persiapan.
Deskripsi: Kata Kunci : Model pembelajaran, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Sentra persiapan. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=90rWDocRYR5ux2xWBlnv7MHsRHn%2F5bs%2B76gvO5iQ8vGKFLygscpGuntOgBHD4gYALAUhO4ZZWQbY8zPcZBf%2FxFErmY7XHM4ft09DFhFKEQrgeP0JF0GsUYNpqc1mHtI22JRVbtSTN0QKTnwg%2Bz5paFTdc53ZKN6NR73bDWjbJX4%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273462070_SKRIPSI SRI MULYANI.pdf 1.791Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273463150_1.-COVER-REVISI.jpg 365.2Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK AL IRSYAD LEMAHABANG CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya