Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor | Dr. H. Idrus Alwi, M.Pd. | |
dc.contributor.advisor | Dr. Asep Mulyana, M.Si | |
dc.contributor.author | MAMAN RIAMAN | |
dc.contributor.editor | MAMAN RIAMAN | |
dc.contributor.other | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. | |
dc.contributor.other | Dr. H. Amin Haedari, M.Pd. | |
dc.contributor.other | Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A. | |
dc.contributor.other | Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil. | |
dc.date.accessioned | 2022-05-11T12:50:56Z | |
dc.date.available | 2022-05-11T12:50:56Z | |
dc.date.copyright | Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon | |
dc.date.issued | 2019-12-30 | |
dc.identifier | 2017.8.1.2.0078 | |
dc.identifier.uri | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/136 | |
dc.description | Kata Kunci : KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KINERJA GURU Referensi : | |
dc.description.abstract | Guru merupakan suatu komponen penting dalam proses kegiatan pembelajaran. Setiap guru pasti memiliki suatu kinerja. Kinerja guru memiliki peranan penting dalam pencapian tujuan suatu pembelajaran. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru, antara lain adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis akan memberikan pengaruh terhadap kinerja guru. Selain itu, motivasi berprestasi yang dimiliki oleh guru juga merupakan suatu faktor internal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Variabel yang diteliti dalam peneitian ini ada 3 (tiga) yaitu gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah sebagai variabel bebas 1 (X1), motivasi berprestasi sebagai variabel bebas 2 (X2), dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 250 responden dengan sampel sebanyak 125 responden yang diambil melalui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis meliputi uji analisis regresi berganda (R), uji analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan Demokrasi Kepala Sekolah dengan Motivasi Berpestasi sebesar 33,5%, (2) ada pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 21%; (3) ada pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 16,3%; (4) ada pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 27,9%. Dengan demikian saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah kepala sekolah dapat menggunakan gaya kepemimpinan yang demokratis dan hendaknya guru lebih menumbuhkan motivasi berprestasi untuk meningkatkan kinerjanya. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah; Motivasi Berprestasi; Kinerja Guru; | |
dc.publisher | Manajemen Pendidikan Islam (S2) | |
dc.subject | KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KINERJA GURU | |
dc.title | PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON | |
dc.type | Thesis S2 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |