Manajemen Pembelajaran Tahfidz Qur’an pada Anak Usia Dini di TK Taman Tahfizh Sabilul Qur’an Sekar Kemuning Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Manajemen Pembelajaran Tahfidz Qur’an pada Anak Usia Dini di TK Taman Tahfizh Sabilul Qur’an Sekar Kemuning Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.advisor Dr. Asep Mulyana, M.Si
dc.contributor.author ZUBAEDAH
dc.contributor.editor ZUBAEDAH
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Affandi Mochtar, MA
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.A.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:50:52Z
dc.date.available 2022-05-11T12:50:52Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2020-02-29
dc.identifier 2017.8.1.2.0094
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/129
dc.description Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, Tahfidz Qur’an, Anak usia dini Referensi :
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis terhadap Manajemen Pembelajaran di Tk Taman Tahfifzh Sabilul Qur’an pada pendidikan anak usia dini (PAUD), karena biasanya TK identik dengan pelajaran dengn nyanyian tapi di TK Taman Tahfizh Sabilul Qur’an ditiadakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis implementasi manajemen pembelajaran meliputi perecanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, evaluasi dan hasil dari pembelajaran Tahfidz Qur’an Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dukumentasi, teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pemeriksaan ke absahan data dengan cara trianggulasi.. Hasil penelitian menunjukkan implementasi manajemen pembelajaran tahfidz Qur’an di TK Taman Tahfizh Sabilul Qur’an Sekar Kemining Cirebon adalah 1. Perencanaan pembelajaran melalui perencanaan pelaksanaan pembelajaran. 2. Pengorganisasian pembelajaran melalui a. Kepala Sekolah, pengorganisasian pembelajaran dengan mendelegasikan pembagian tugas dan wewenang serta pertanggungjawaban kepada guru-guru. b. Guru, pengorganisasian pembelajaran melalui penyampaian materii, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru Tahfidz Qur’an 3. Pelaksanaan pembelajaran melalui peran guru dalam memotivasi siswa, memimpin maupun mengajar. 4. Evaluasi pembelajaran dengan dua katagori. 5. Hasil dari manajemen pembelajaran Tahfidz Qur’an di TK Taman Tahfizh Sabilul Qur’an adalah prestasi hafalan siswa.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen pembelajaran, Tahfidz Qur’an, Anak usia dini
dc.title Manajemen Pembelajaran Tahfidz Qur’an pada Anak Usia Dini di TK Taman Tahfizh Sabilul Qur’an Sekar Kemuning Kabupaten Cirebon
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya