MANAJEMEN MUTU MADRASAH DALAM PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK DI MIN 1 CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN MUTU MADRASAH DALAM PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK DI MIN 1 CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author ST HABIBATUL AZIZAH
dc.contributor.editor ST HABIBATUL AZIZAH
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Agus Prayitno, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Muhammadun, S.HI, M.S.I.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M. Ag.
dc.date.accessioned 2022-05-11T12:50:48Z
dc.date.available 2022-05-11T12:50:48Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2020-02-28
dc.identifier 2017.8.1.2.0024
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/126
dc.description Kata Kunci : Manajemen Mutu Madrasah, Layanan Akademik Referensi :
dc.description.abstract Kesadaran akan layanan mutu pendidikan dan pentingnya manajemen bukan hanya bagi pendidikan secara umum tapi juga bagi Madrasah yaitu Madrasah Ibtidaiyah. Sebagai lembaga pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah juga sangat memerlukan pola manajemen tersendiri untuk menuju pendidikan Madrasah yang bermutu. Madrasah yang bermutu adalah Madrasah yang mampu memberikan layanan akademik yang memuaskan. Untuk meningkatkan layanan akademik di Madrasah Ibtidaiyah haruslah menerapkan Manajemen Mutu Madrasah sebagai upaya mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah yang bermutu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1). Planning, 2). Organizing, 3). Actuiting, 4). Controlling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan cenderung menggunakan analisis melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Adapun desain peneitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah studi kasus. Waktu penelitian selama 4 bulan dari bulan Agustus sampai dengan bulan November 2018. Tempat penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik observasi, Metode Depth in Interview (wawancara mendalam), dan Studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan Triangulasi teknik data. Hasil penelitian, dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan Manajemen Mutu Madrasah di MIN 1 Cirebon tak luput dari adanya kerjasama seluruh civitas akademika dan peran kepemimpinan kepala madrasah baik sebagai manajer, administrator, educator, leader dan supervisor agar layanan akademik yang diberikan madrasah dapat meningkat dan memuaskan. Adapun layanan akademik yang dilakukan di MIN 1 Cirebon antara lain ; memberikan layanan assesmen/penilaian, layanan orientasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan diagnostic kesulitan belajar dan pembelajaran remedial, layanan pengembangan motivasi belajar dan layanan konsultasi rencana studi lanjutan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Manajemen Mutu Madrasah di MIN 1 Cirebon telah dilaksanakan dengan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengawasan dengan baik serta Upaya Peningkatan Layanan Akademik di MIN 1 Cirebon dalam perspektif Manajemen Mutu Madrasah adalah baik dan memuaskan.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Manajemen Mutu Madrasah, Layanan Akademik
dc.title MANAJEMEN MUTU MADRASAH DALAM PENINGKATAN LAYANAN AKADEMIK DI MIN 1 CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya