PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK SANATA BHAKTI PURWAWINANGUN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK SANATA BHAKTI PURWAWINANGUN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK SANATA BHAKTI PURWAWINANGUN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON
Penulis: DYAH AYU M
Abstrak: DYAH AYU MUSTIKOWATI (NIM.2016.4.4.1.00524) : “PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR DI TAMAN KANAK-KANAK SANATA BHAKTI PURWAWINANGUN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON.” Penelitian ini berangkat dari beberapa persoalan yang peneliti temukan di lapangan terkait dengan pola asuh dan kemandirian anak yaitu pola asuh yang diterapkan oleh setiap orangtua berbeda-beda sehingga menyebabkan keberagaman kemandirian anak di TK Sanata Bhakti, selain itu orangtua kurang menyadari bahwa lingkungan keluarga merupakan salah satu pusat pendidikan yang mampu memperbaiki keberhasilan pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Tujuan secara parsial : a) untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemandirian anak usia dini b) untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak usia dini c) untuk mengetahui pengaruh pola asuh permisif terhadap kemandirian anak usia dini. 2) Tujan secara penelitian secara simultan : untuk mengetahui pengaruh pola asuh terhadap kemandirian anak usia dini di TK Sanata Bhakti. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuisioner yang dibuat sendiri oleh peneliti. Dengan jumlah sampel 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial ditemukan a) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh otoriter terhadap kemandirian anak usia dini sebesar 0,03 lebih kecil dari nilai alpha = 5% (0,03 0,05). Dengan hasil t hitung > t tabel (4,034 > 2,056). b) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak usia dini sebesar 0,00 lebih kecil dari nilai alpha = 5% (0,03 0,05). Dengan hasil t hitung > t tabel (4,708 > 2,056). c) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak usia dini sebesar 0,02 lebih kecil dari nilai alpha = 5% (0,02 0,05). Dengan hasil t hitung > t tabel (2,689 > 2,056). Berdasarkan hasil penelitian secara simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 549,561 > 2,39 (F tabel), hal ini membuktikan bahwa factor otoriter, demokratis dan permisif secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian anak usia dini di TK Sanata Bhakti dengan nilai koefisien determinasi (R2) 98, 3% sedangkan sisanya 1,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemandirian anak dapat ditingkatkan jika wali murid lebih memperhatikan faktor yang mempengaruhinya. Kata Kunci : Kemandirian anak, otoriter, demokratis dan permisif.
Deskripsi: Kata Kunci : Kemandirian anak, Otoriter, Demokratis dan Permisif. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1TDPt61DUjWYiCfCB-qrIfaDSoxh1Muwk


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya