Repositori IAIBBC

PGMI310-Psikologi Pendidikan (2 SKS) 2 A Qorina Widadiyah,M.Pd., Rabu, 10.15 s.d 11.30 2020/2021

PGMI310-Psikologi Pendidikan (2 SKS) 2 A Qorina Widadiyah,M.Pd., Rabu, 10.15 s.d 11.30 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TARBIYAH
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kode Matakuliah PGMI310
Nama Matakuliah Psikologi Pendidikan
Semester 2
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Qorina Widadiyah,M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2020.3.8.1.00623 - AFNI AZHAR AFANIN,
2020.3.8.1.00625 - ATIYAH,
2020.3.8.1.00626 - AYU PATEKHA,
2020.3.8.1.00627 - CARTI,
2020.3.8.1.00630 - DUROHMAN ZULFIKAR,
2020.3.8.1.00635 - FAJAR MAULANA,
2020.3.8.1.00636 - FAJRIANTI,
2020.3.8.1.00639 - HERLINA PUTRI,
2020.3.8.1.00641 - IDA TRESNAWATI,
2020.3.8.1.00645 - INDAR ANGGUNNINGTIAS,
2020.3.8.1.00646 - INDI MILATUL MAOLAH,
2020.3.8.1.00648 - LIA TRI HUTAMI,
2020.3.8.1.00654 - NAILAH AULIA NISSA,
2020.3.8.1.00658 - NUR ALFI SYAHRIN,
2020.3.8.1.00659 - NUR ALIFAH,
2020.3.8.1.00661 - NURUL AL-FIAH,
2020.3.8.1.00662 - PRIDA LESTARI,
2020.3.8.1.00663 - PUSPASARI,
2020.3.8.1.00669 - RIZAL TSANA,
2020.3.8.1.00670 - ROHMAH INDAHYATI,
2020.3.8.1.00672 - SARIPAH,
2020.3.8.1.00679 - TRI WAHYUNI,
2020.3.8.1.00681 - VIQNI RULYANI

2. Deskripsi Pembelajaran

Psikologi pendidikan merupakan mata kuliah dasar kependidikan (MKDK) yang wajib
diikuti oleh mahasiswa kependidikan. Perkuliahan ini akan membahas konsep dasar psikologi
pendidikan, konsep dasar perkembangan peserta didik, konsep dan teori belajar, pengembangan
atribut psikologis peserta didik, masalah-masalah dalam pembelajaran, dan karakteristik guru
efektif dalam perspektif psikologi pendidikan

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu menjelaskan Ruang lingkup dan fungsi psikologi pendidikan dalam pembelajaran
2. Mampu menjelaskan Sejarah Perkembangan Psikologi Pendidikan
3. Metode Psikologi Pendidikan
4. Aliran-aliran Psikologi Pendidikan Behaviorisme Pavlov, skinner
5. Memahami konsep belajar dan pembelajaran, serta aplikasinya dalam pendidikan
6. Memahami berbagai bentuk gejala jiwa manusia dan aplikasinya dalam pendidikan
7. Kepribadian manusia dan aspeknya
8. Gangguan psikologis dalam belajar
9. Evaluasi pem belajaran dalam pendidikan
10. Terapi Psikologis terhadap kenakalan anak
11. Memahami konsep tentang diagnosis kesulitan belajar
12. Karakteristik guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan
13. Review Perkuliahan

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Kontrak perkuliahan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Mampu menjelaskan Ruang lingkup dan fungsi psikologi pendidikan dalam pembelajaran
2. Mampu
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 2. Mampu menjelaskan Sejarah Perkembangan Psikologi Pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 3. Metode Psikologi Pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 4. Aliran-aliran Psikologi Pendidikan Behaviorisme Pavlov, skinner Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 5. Memahami konsep belajar dan pembelajaran, serta aplikasinya dalam pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 6. Memahami berbagai bentuk gejala jiwa manusia dan aplikasinya dalam pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 UTS 8. UTS Menjawab soal 2 x 50 menit Mampu memecahkan masalah dan memberikan solusi
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 7. Kepribadian manusia dan aspeknya Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8. Gangguan psikologis dalam belajar Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 9. Evaluasi pem belajaran dalam pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 10. Terapi Psikologis terhadap kenakalan anak Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 11. Memahami konsep tentang diagnosis kesulitan belajar Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 12. Karakteristik guru efektif dalam perspektif psikologi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 13. Review Perkuliahan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu membuat diagnostik permasalahan berdasarkan konsep psikologi pendidikan UAS UAS 2 x 50 menit UAS

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PGMI310-Psikologi Pendidikan (2 SKS), Semester: 2 A, Dosen : Qorina Widadiyah,M.Pd., Hari: Rabu, 10.15 s.d 11.30, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS