Fakultas | TARBIYAH |
Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Kode Matakuliah | PIAUD340 |
Nama Matakuliah | Analisis Kebutuhan AUD |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Qorina Widadiyah,M.Pd. |
Peserta Perkuliahan | 19S1PIAUD0022 - AMELIA WATI, 19S1PIAUD0067 - NUNI MEILINA, 2018.4.6.1.00828 - HAYATUN NUFUS, 2019.4.7.1.01070 - AMI KUSUMAWATI, 2019.4.7.1.01073 - ASWATI, 2019.4.7.1.01077 - BELLA REGINA FAZRIN, 2019.4.7.1.01083 - DIAN NURDEWI, 2019.4.7.1.01087 - EVA NURDIANI, 2019.4.7.1.01092 - INAH, 2019.4.7.1.01097 - LILIM NURHALIMAH, 2019.4.7.1.01101 - MINTI SARI, 2019.4.7.1.01104 - NAJWA LUTHFIYYAH, 2019.4.7.1.01106 - NINDIYANA, 2019.4.7.1.01107 - NINDY SINTIA, 2019.4.7.1.01112 - NURUL ALFIA NINGSIH, 2019.4.7.1.01115 - RATNA SANTY, 2019.4.7.1.01116 - REVA ZURIYANTI, 2019.4.7.1.01117 - ROFI'ATUL AULIYASARI, 2019.4.7.1.01120 - SAHILAH, 2019.4.7.1.01123 - SITI I'ANAH, 2019.4.7.1.01127 - SITI NURHAYATI, 2019.4.7.1.01130 - SITI SUKMIYATI, 2019.4.7.1.01135 - TANTI, 2019.4.7.1.01137 - WAHDATUL LAILAH, 2019.4.7.1.01139 - WANTI WAHYUNI, 2019.4.7.1.01142 - YENI YUNIAR ANDRYANI, 2019.4.7.1.01143 - YUNI OKTOPIYANI, 2019.4.7.1.01144 - ITA MENTARI, 2019.4.7.1.01150 - DEWI KARTIKA, 2019.4.7.1.01153 - ASIH, 2019.4.7.1.01155 - RADEN RENI APRIYANI |
Matakuliah ini bertujuan untuk mengedukasi orangtua dan pendidik agar tahu bagaimana usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0-6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya
1. Kontrak Perkuliahan
2. Analisis kebutuhan anak usia dini, pengertian analisis, pengertian kebutuhan anak usia dini
3. Kebutuhan analisis anak usia dini "Kebutuhan kasih sayang”, Attachment theory para ahli, dan jenis-jenis attachment pada anak
4. Tahapan perkembangan dan kebutuhan anak pada masa young infants (0-6 bulan)
5. Tahapan perkembangan dan kebutuhan anak pada masa older infants (7-12 bulan)
6. Pengertian dan kebutuhan anak pada masa young toddler (1-2 tahun)
7. Pengertian dan kebutuhan anak pada masa preschool dan kindergarten children
8. Perkembangan anaka usia prenatal sampai 12 bulan, dan tugasnya
9. UTS
10. Faktor-faktor yg mendukung dan menghambat tugas perkembangan anak usia prenatal sampai 12 bulan
11. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat tugas perkembangan anak usia 12-24 bulan serta stimulasinya
12. Perkembangan anak usia 24-36 bulan
13. Kebutuhan asuh serta jenis-jenis kebutuhan biologis dan psikis sesuai dengan tahapan usia aud pada rentang usia 36-60 bulan
14. Stimulasi tumbuh kembang anak pada anak usia dini
15. Mendiskripsikan anak berkebutuhan khusus dan review perkuliahan
16. UAS
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Kontrak perkuliahan dan pengenalan matakuliah | 11. Kontrak Perkuliahan | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, analisis | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
2 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 2. Analisis kebutuhan anak usia dini, pengertian analisis, pengertian kebutuhan anak usia dini | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal analisis | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
3 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | Kebutuhan analisis anak usia dini "Kebutuhan kasih sayang”, Attachment theory para ahli, dan jenis-jenis attachment pada anak | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, menganalisis | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
4 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 4. Tahapan perkembangan dan kebutuhan anak pada masa young infants (0-6 bulan) | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, menganalisis | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
5 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 5. 5. Tahapan perkembangan dan kebutuhan anak pada masa older infants (7-12 bulan) | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
6 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 6. Pengertian dan kebutuhan anak pada masa young toddler (1-2 tahun) | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
7 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 7. Pengertian dan kebutuhan anak pada masa preschool dan kindergarten children | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
8 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 8 :Perkembangan anaka usia prenatal sampai 12 bulan, dan tugasnya | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
9 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 9. Faktor-faktor yg mendukung dan menghambat tugas perkembangan anak usia prenatal sampai 12 bulan | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
10 | menjawab pertanyaan | 10. UTS | UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, menganalisis | 2 x 50 menit | UTS | |
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 11. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat tugas perkembangan anak usia 12-24 bulan serta stimulasinya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 12. Perkembangan anak usia 24-36 bulan | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, menganalisis | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
13 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 13. Kebutuhan asuh serta jenis-jenis kebutuhan biologis dan psikis sesuai dengan tahapan usia aud pada rentang usia 36-60 bulan | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
14 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 14. Stimulasi tumbuh kembang anak pada anak usia dini | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
15 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 15. Mendiskripsikan anak berkebutuhan khusus | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
16 | Mampu menganalisis kebutuhan AUD | 16. Anak dengan Kebutuhan fisik khusus 1 | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | diskusi dan analisis | |
17 | Mampu menganaisis anak dengan gangguan penglihatan dan pendengaran | 17. Anak dengan kebutuhan fisik khusus 2 | Diskusi dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | tugaas observasi anak berkebutuhan khusus dengan membuat paper/ studi kasus | |
18 | Mahasiswa mampu memahami anak celebral palsy dan anak yang sakit | 18. Review Perkuliahan | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
19 | Mahasiswa mampu memahami perkulian yang telah di bahas | 19. Review jurnal yang membahas tentang aspek yang ada dalam analisis kebutuhan AUD | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
20 | Review Jurnal anaisis kebutuhan AUD | UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
21 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PIAUD340-Analisis Kebutuhan AUD (2 SKS), Semester: 3 A, Dosen : Qorina Widadiyah,M.Pd., Hari: Rabu, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon