Repositori IAIBBC

TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP JUAL BELI ONLINE ACCOUNT GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG DALAM TINJAUAN FIQIH MUAMALAH(Studi Kasus Pada Situs Forum itemku.com)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author AGUS ROHMAT HIDAYAT
dc.contributor.editor AGUS ROHMAT HIDAYAT
dc.date.accessioned 2020-07-25T17:06:31Z
dc.date.available 2020-07-25T17:06:31Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.identifier 2014.1.3.00135
dc.identifier.citation Supriadi, S.E.I., M.E.I. (2008). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. Guepedia Publisher. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ftV5DwAAQBAJ
dc.identifier.uri http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/918
dc.description Kata Kunci : Jual Beli Online, itemku.com, Fiqih Muamalah Referensi : Supriadi, S.E.I., M.E.I. (2008). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. Guepedia Publisher. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ftV5DwAAQBAJ
dc.description.abstract Penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah, yaitu tentang konsep jual beli account game, mekanisme jual beli online dan tinjauan fiqih muamalah tentang praktik jual beli online di situs forum itemku.com. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan sistem jual beli online account game di situs forum itemku dalam tinjauan fiqih muamalah serta apa saja kelebihan dan kekurangannya. Jual beli online disebut juga dengan E-commerce yang bisa diartikan menjadi suatu proses berbisnis menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan rakyat pada bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan fakta secara elektronik. Itemku.com yaitu itemku merupakan lokasi jual beli gold, item, akun, dan voucher online game yang menaruh jaminan keamanan transaksi dan garansi uang kembali 100%. itemku memakai teknologi itemku Safe Trading, yang memungkinkan itemku untuk memonitor seluruh transaksi dan melakukan pengecekan atas setiap pembayaran juga pengiriman produk dari penjual juga pembeli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Metode ini dipilih karena data yang diperoleh dari hasil wawancara peneliti dengan pihak-pihak yang terkait. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara, studi lapangan dan konsultasi. Dalam pembahasannya peneliti menjelaskan konsep jual beli akun game, mekanisme jual beli online, dan tinjauan fiqih muamalah tetang praktik sistem di itemku.com dan apa saja kelebihan dan kekurangan membeli account game di situs forum itemku.com. Dan disini peneliti menemukan respon yang berbeda-beda pada setiap jawaban yang diajukan terhadap narasumber, namun adapula jawaban yang serupa yang sebenarnya memiliki maksud yang sama. Dari penelitian yang dilakukan penulis diperoleh hasil sebagai berikut: konsep jual beli online akun game menggunakan akad as-salam danal-istishna’. As-salam adalah jual beli barang secara tangguh dengan harga yang dibayarkan di muka. Al-istishna’ adalah akad dengan pihak pengrajin untuk mengerjakan sesuatu produk barang tertentu, dalam hal ini materi dan biaya produksi menjadi tanggung jawab pihak pengrajin. Keduanya jenis akad ini termasuk sebagai bai’ ma’dun (jual beli barang yang belum wujud). Sesuai dengan tinjauan fiqih muamalah setiap praktik jual beli harus dilihat dari seberapa besar kemaslahatan dan kemudharatannya, agar transaksi menjadi sah sesuai dengan ajaran islam.
dc.publisher Ekonomi Syari`ah
dc.source https://drive.google.com/uc?export=view&id=1hiESoh5DDJD08fNA6hIzCUz7hzAUUtxm
dc.subject Jual Beli Online, itemku.com, Fiqih Muamalah
dc.title TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP JUAL BELI ONLINE ACCOUNT GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG DALAM TINJAUAN FIQIH MUAMALAH(Studi Kasus Pada Situs Forum itemku.com)
dc.type Thesis S1


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku