Repositori IAIBBC

PAI349-Pendidikan Multikultural (2 SKS) 7 B Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI, Sabtu, 08.00 s.d 09.15 2020/2021

PAI349-Pendidikan Multikultural (2 SKS) 7 B Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI, Sabtu, 08.00 s.d 09.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas TARBIYAH
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah PAI349
Nama Matakuliah Pendidikan Multikultural
Semester 7
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI
Peserta Perkuliahan 19S1PAI0029 - YUNITA SARI,
19S1PAI0032 - RAHMINA SOFIA ZEIN,
2017.1.20.1.02307 - ABDUL HARIS,
2017.1.20.1.02318 - ASRI AINURRAHMAH SHALIHAH.Y,
2017.1.20.1.02320 - BUNGA ROIHATUL JANNAH,
2017.1.20.1.02324 - DELIN APRIYANI,
2017.1.20.1.02331 - DIAS AYU,
2017.1.20.1.02339 - FASIKHAH,
2017.1.20.1.02341 - FIKI AMALI,
2017.1.20.1.02347 - IDA FITRIYANI,
2017.1.20.1.02348 - ILA FASHIHAH,
2017.1.20.1.02352 - JAJANG SUPRIADI,
2017.1.20.1.02355 - KARINA PARASWATI,
2017.1.20.1.02357 - KIRANA AYU AWALIAH,
2017.1.20.1.02360 - LUTHFIAH,
2017.1.20.1.02367 - MIMIN HATUL LAILI,
2017.1.20.1.02370 - MUH. AMIN NURDIN,
2017.1.20.1.02372 - MUHAMMAD AMRULLAH AZIS,
2017.1.20.1.02381 - NAILUL ATQIYA,
2017.1.20.1.02388 - NURHAFIDZOH AZROTUL MAULA,
2017.1.20.1.02391 - NURUL MU'MININ,
2017.1.20.1.02395 - RIFQI SYARIF,
2017.1.20.1.02402 - SANI ROHAYANI,
2017.1.20.1.02409 - SRI AYU LESTARI,
2017.1.20.1.02410 - SRI DIYANTI,
2017.1.20.1.02412 - SUHANDI,
2017.1.20.1.02416 - WASITI,
2017.1.20.3.02430 - SONI FATHUROHIM,
2017.1.20.3.02431 - SONA FATHUROHMAN

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas teori, pendekatan, sejarah, makna, implikasi, dasar, tujuan, peran dan fungsi pendidikan Islam multikultural, permasalahan pendidikan multikultural di Indonesia, dan peran penting sekolah sebagai lembaga pengembangan kebudayaan. Pendidikan Islam Multikulural sebagai sebuah kajian dalam disiplin keilmuan. Pada dasarnya pendidikan Islam sebagai sebuah system dan nilai dengan pendekatan multikulturalisme. Multikuluralisme sebagai sebuah cara pandangan dan pendekatan kebudayaan dalam pendidikan Islam. Pada konteks ini pendidikan dan kebudayaan adalah sebagai sebuah keniscayaan dalam sebuah kajian pendidikan Islam multikultural. Pendidikan tentang keragaman, budaya, suku etnis dan lain sebagainya. Bahwa pendidikan sebagai sebuah program transformasi dan internalisasi nilai-nilai Islam dengan cara pandang dan pendekatan multikultural. Bahwa peserta didik harus memiliki cara pandang yang toleran terhadap segala bentuk perbedaan, serta bagaimana cara pandang dalam Islam.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa berlatih untuk menganalisis problematika yang terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Multikultural di Indonesia dan berlatih untuk memberikan alternative solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Mampu mengekspresikan toleransi dan membangun keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui matakuliah pendidikan Islam multicultural mahasiswa dapat secara aktif membangun kesadaran multicultural. Kesadaran tentang penghargaan terhadap keragaman budaya, etnis, suku maupun kepercayaan. Kesadaran yang memunculkan sikap toleran, humanis, harmonis, maupun optimisme dalam membangun peradaban masyarakat ditengah perbedaan.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang sosialisasi pembelajaran Daring Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Kontrak Belajar; Manfaat, deskripsi, capaian pembelajaran, bahan bacaan perkuliahan, dst Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan paper yang sudah disediakan pada pertemuan agenda 3 Pembahasan tentang Pendahuluan; Pengertian dan ruang lingkup, Orientasi Pendidikan Islam Multikultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Orisinalitas penangkapan ide pokok pada tulisan paper Paper yang dibuat oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manusia dalam kacamata pendidikan multicultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang pendidikan dan budaya Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Budaya dan Lingkungan; Pranata Kebudayaan, kebudayaan sebagai bentuk identitas diri/ masyarakat, unsur-unsur kebudayaan Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Epistemologi Pendidikan Multikultural; Dasar, Tujuan, dan Fungsi Pendidikan Multikultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Teori pendidikan multikultural; konfigurasi pemikiran, nilai transformasi dan internalisasi pendidikan multicultural Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang sejarah multikultural dan pendidikan multicultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... ; UTS Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Multikulturalisme; konsep dan filosofi Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Multikulturalisme dalam Islam; dasar, pandangan Islam dalam pluralisme dan multikultural, Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Multikulturalisme dalam prinsip pilar-pilar bangsa Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Hak Asasi Manusia dalam masyarakat multicultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Demokrasi dan Pendidikan Multikultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Tantangan Multikulturalisme di Indonesia Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Pendidikan Islam pluralis-multikultural sebagai resolusi konflik dan radikalisme Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Keadilan dan Integrasi bangsa dalam Pendidikan multicultural Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang Peran lembaga formal sebagai sarana transformasi dan internalisasi pendidikan multikultural; multikultural sebagai pendekatan dalam pembelajaran dan iklim sekolah, pendidikan inklusif di sekolah Belajar mengajar dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
20 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 20 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI349-Pendidikan Multikultural (2 SKS), Semester: 7 B, Dosen : Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI, Hari: Sabtu, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: Pendidikan Agama Islam

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS