Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anggapan bahwa mata pelajaran matematika memiliki tingkat kesukaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya yang disebabkan kurang tepatnya strategi/pembelajaran yang diterapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV di MI Al Banna Cikalahang antara yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan pembelajaran matematik realistik pada mata pelajaran matematika. Pembelajaran matematik realistik adalah pembelajan dengan menyajikan hal-hal konkret dan melibatkan lingkungan nyata dalam kegiatan belajar mengajar matematika sehingga memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling purposive yang mana tidak semua populasi dijadikan sampel. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 27 orang dari jumlah populasi sebanyak 54 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dua variabel, yaitu Y1 (menggunakan pembelajaran matematik realistik) dan Y2 (tidak menggunakan pembelajaran matematik realistik). Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, peneliti menyebarkan soal tes untuk memperoleh data terkait kemampuan komunikasi matematis baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Berdasarkan teknik analisis komparatif diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV di MI Al Bannaa Cikalahang antara yang menggunakan dan yang tidak menggunakan pembelajaran matematik realistik pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Sementara itu, diperoleh nilai thitung sebesar 4,763 > ttabel 2,060 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV di MI Al Bannaa Cikalahang antara yang menggunakan dan yang tidak menggunakan pembelajaran matematik realistik pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci: Pembelajaran matematik realistik, kemampuan komunikasi matematis.