Abstract:
Skripsi ini membahas pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas X MA Darussalaf Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Kajiannya melatarbelakangi oleh hasil belajar akidah akhlak MA Darussalaf yang bervariasi, hal tersebut ditunjukan dari dokumentasi hasil angket dan nilai tes. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan tiga permasalahan yaitu: bagaimana model pembelajaran di MA Darussalaf, bagaimana hasil belajar akidah akhlak kelas X MA Darussalaf, dan bagaimana pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas X MA Darussalaf Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan model jigsaw mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas X MA Darussalaf Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi hasil nilai angket dan tes 20 responden. Hasil nilai angket dan tes ini digunakan untuk mengetahui variabel X maupun untuk mengetahui variabel Y. Hasil dari perhitungan statistic dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat pengaruh yang sangat kuat antara model jigsaw (X) terhadap hasil belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukan oleh koefisien korelasi rxy=0,061. Nilai Koefisien Determinan (KD) bahwa perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t-hitung=11,84>9,488 t-tabel, dengan demikian hasil uji hipotesis penelitian ini adalah Ho ditolak. Kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah terhadap pengaruh yang signifikan antara model jigsaw terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas X MA Darussalaf Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon.