Manajemen Kurikulum Full day School dengan sistem Pendidikan Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) as Sunnah Kalitanjung- Kota Cirebon

Publikasi Unusia

Manajemen Kurikulum Full day School dengan sistem Pendidikan Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) as Sunnah Kalitanjung- Kota Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Manajemen Kurikulum Full day School dengan sistem Pendidikan Terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) as Sunnah Kalitanjung- Kota Cirebon
Penulis: IRMA MULYANI AGUSTIN
Abstrak: Tesis ini mengacu pada masalah pokok, yaitu kebutuhan akan adanya manajemen kurikulum pendidikan yang dapat menghasilkan produk pendidikan berkualitas, dengan memasukan elemen pengetahuan, penanaman karakter dan pembiasaan baik serta pemberian skill sehingga menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berkarakter dan mandiri dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Hal ini disebabkan karena kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, implementasi kurikulum, dan Evaluasi kurikulum Full day School dengan sistem Pendidikan terpadu di SDIT as Sunnah Kalitanjung- Kota Cirebon. Full Day School diartikan sebagai sekolah seharian penuh; sedangkan Pendidikan Terpadu merupakan bagian dari sistem pendidikan yang di dalamnya terdapat pengintegrasian dari beberapa Kurikulum Pendidikan. Manajemen Kurikulum Full Day School dengan sistem pendidikan Terpadu merupakan perpaduan antara kurikulum Diknas, kurikulum Depag dan kurikulum yayasan yang dilaksanakan seharian penuh yang diharapkan dapat mendongkrak kualitas intelektual dan kualitas spiritual siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data dengan deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara fungsi manajemen kurikulum di SDIT As sunnah Kalitanjung-Kota Cirebon sudah terlaksana. Perencanaan Kurikulum dengan pendekatan grass root, dilakukan dengan mendesain program kurikulum jangka panjang, kurikulum jangka menengah, kurikulum jangka pendek, maupun kurikulum Tahunan. Pengorganisasian kurikulum dilakukan dengan adanya Pengelompokan siswa berdasarkan integritas (kesamaan Jenis kelamin), sedangkan pengelompokan guru menjadi guru pelajaran umum, guru Diniyyah dan guru muatan lokal. Implementasi kurikulum dilakukan berasarkan kalender pendidikan yang telah didesain setiap tahun oleh waka kurikulum, yang meliputi kegiatan guru, kegiatan siswa maupun kegiatan bidang kurikulum lainnya secara umum. Evaluasi kurikulum dilakukan dengan melakukan supervisi terhadap guru dan melaksanakan penilaian belajar siswa sesuai dengan jadwal sesuai kalender Pendidikan SDIT as Sunnah.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Full Day School, Pendidikan Terpadu Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Vg24x13e8oZb9ukmkkzjNrorrkESKaUm
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/868


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya