MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL MADANI MELALUI MODEL SUPERVISI KLINIS

Publikasi Unusia

MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL MADANI MELALUI MODEL SUPERVISI KLINIS

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL MADANI MELALUI MODEL SUPERVISI KLINIS
Penulis: LIES NURLAELIAH
Abstrak: Lies Nurlaeliah. NIM. 2017.8.1.2.0076. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Madani Melalui Model Supervisi Klinis. Pentingnya meningkatkan pemahaman dan penguasaan kompetensi pedagogik oleh guru sangat dibutuhkan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Realita di lapangan pada setiap satuan pendidikan banyak mengalami kendala berkaitan dengan pemenuhan guru yang berkompeten dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang salah satu di antaranya disebabkan oleh kompetensi yang rendah. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan judul PeningkatanKompetensiPedagogis Guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-MadaniMelalui Model Supervisi Klinis. Penelitian yang menggunakan metode penelitian tindakan ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan model supevisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-MadaniKecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2019/2010. Penelitian tindakan ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-MadaniKecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon. Sebagai subyek penelitian tindakan ini adalah guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-MadaniKecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon sebanyak 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) pada Taman Kanak-Kanak Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-MadaniKecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon pada tahun pelajaran 2019/2020. Peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dikarenakan pemahaman guru meningkat. Peningkatan pemahaman guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) disebabkan adanya pemberian tindakan supervisi klinis kepada guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-MadaniKecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon pada tahun pelajaran 2019/2020
Deskripsi: Kata Kunci : Supervisi Klinis, Kompetensi, Kompetensi pedagogik Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/865
Tanggal: 2020-05-14


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya