PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SATU ATAP JATIANOM KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SATU ATAP JATIANOM KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI SATU ATAP JATIANOM KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: MAESAROH
Abstrak: Maesaroh. NIM: 2017.8.1.2.0077. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Di Taman Kanak-kanak Negeri Satu Atap Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Pendidikan menuntut partisipasi dan pemberdayaan seluruh komponen pendidikan dan penerapan konsep pendidikan sebagai suatu sistem. Salah satu model manajemen otonomi sekolah yang menuntut partisipasi dan pemberdayaan seluruh komponen sekolah adalah manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Di sisi lain, fenomena yang berkembang di masyarakat menganggap proses pendidikan masih dipandang sebagai tanggung jawab pemerintah atau penyelenggara sekolah (Kepala sekolah dan guru), sehingga permasalahan ini menjadi semakin penting untuk diteliti. Penelitian yang menggunakan metode studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di Taman Kanak-kanak Negeri Satu Atap Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Lokasi dari penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Negeri Satu Atap Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan di lapangan, yaitu melalui wawancara mendalam kepada Kepala Sekolah, Guru, dan orang tua murid. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi yang dimiliki oleh Taman Kanak-kanak Negeri Satu Atap Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan studi domentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Manajemen Berbasis sekolah di TK Negeri Satap Jatianom Cirebon dapat berlangsung cukup efektif karena didukung oleh Kepala TK yang memahami tentang konsep-konsep dasar tentang implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Dukungan semua warga sekolah, khususnya dukungan orang tua yang tinggi dalam bentuk dukungan semua program beserta kegiatan yang ada di Taman Kanak-kanak Negeri Satu Atap Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon, menjadi nilai tambah dalam menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Di samping itu, kesiapan sumber daya manusia dalam menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah baik Kepala Sekolah, dewan guru, orang tua murid dan masyarakat sekitar, sarana dan prasarana yang menunjang jalannya implementasi manajemen berbasis sekolah cukup tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan pengelolaan sumber daya yang transparans dan akuntabel di Taman Kanak-kanak Negeri Satu Atap Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, otonomi , Manajemen Berbasis Sekolah Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/864
Tanggal: 2020-05-14


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya