PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.advisor Dr. H. Idrus Alwi, M.Pd.
dc.contributor.author SRI HENDRA EKAWATI
dc.contributor.editor SRI HENDRA EKAWATI
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:41:24Z
dc.date.available 2023-01-04T03:41:24Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2020-05-14
dc.identifier 2017.8.1.2.0084
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/863
dc.description Kata Kunci : Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Taman Kanak-kanak Referensi :
dc.description.abstract Sri Hendra Ekawati. 2020. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC). Kata Kunci : Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Taman Kanak-kanak. Latar Belakang diadakannya penelitian ini adalah belum maksimalnya pelaksanaan supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang cenderung monoton sehingga dapat mempengaruhi kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran : (1) Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon; (2) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon; (3) Pengaruh supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah responden 35 orang Guru Taman Kanak-kanak di Di Kecamatan Gunung Jati. Hasil perolehan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Supervisi akademik (X1) dengan kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon (Y) terdapat pengaruh sebesar 34.5%. (2) Terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai thitung sebesar 1,359 ttabel 2,042 dan nilai signifikansi (Sig.) 0,003 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H1 ditolak. (3) Pada variabel Pengaruh supervisi akademik (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon(Y), sebesar 56,7%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak dapat dijadikan predictor untuk meningkatkan kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kab. Cirebon
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Taman Kanak-kanak
dc.title PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya