PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON
Penulis: SRI HENDRA EKAWATI
Abstrak: Sri Hendra Ekawati. 2020. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC). Kata Kunci : Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Taman Kanak-kanak. Latar Belakang diadakannya penelitian ini adalah belum maksimalnya pelaksanaan supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang cenderung monoton sehingga dapat mempengaruhi kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran : (1) Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon; (2) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon; (3) Pengaruh supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah responden 35 orang Guru Taman Kanak-kanak di Di Kecamatan Gunung Jati. Hasil perolehan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Supervisi akademik (X1) dengan kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon (Y) terdapat pengaruh sebesar 34.5%. (2) Terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai thitung sebesar 1,359 ttabel 2,042 dan nilai signifikansi (Sig.) 0,003 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H1 ditolak. (3) Pada variabel Pengaruh supervisi akademik (X1) dan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon(Y), sebesar 56,7%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dan gaya kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak dapat dijadikan predictor untuk meningkatkan kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Gunung Jati Kab. Cirebon
Deskripsi: Kata Kunci : Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Taman Kanak-kanak Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/863
Tanggal: 2020-05-14


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya