PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTs SWASTA DI KECAMATAN PABEDILAN

Publikasi Unusia

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTs SWASTA DI KECAMATAN PABEDILAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MTs SWASTA DI KECAMATAN PABEDILAN
Penulis: SAEFULAH
Abstrak: SAEFULAH. (2017.8.1.2.0023): Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs Swasta di Kecamatan Pabedilan Kab. Cirebon Tesis ini membahas tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru MTs Swasta di Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Salah satu faktor penentu dalam menunjang keberhasilan peningkatan mutu pendidikan adalah guru (pendidik). Guru merupakan sumber daya manusia yang berada di barisan paling depan tempat saat terjadinya interaksi belajar mengajar. Adapun dalam pelaksanaan tersebut juga ada peran Kepala Madrasah yang berkualitas harus mampu mempengaruhi, menggerakkan, memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbing, menyuruh, memerintahkan, melarang, dan bahkan memberikan sanksi kepada bawahannya agar dapat melaksanakan serta membina dalam rangka mencapai kinerja guru secara efektif dan efisien. Melalui peningkatan kinerja mengajar guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, diharapkan prestasi kerja guru dapat mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif dengan mengambil latar di MTs Swasta di Kecamatan Pabedilan Kab. Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknis analisis data dengan menggunakan SPSS versi 17 untuk melakukan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik untuk uji regresi dan path analisis. Koefisien korelasi variabel X1 dengan X2 adalah 0,538 atau kuat. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan melihat nilai Sig = 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak, artinya signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, “Terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan variabel Motivasi Kerja. Secara parsial terdapat pengaruh yang positive dan signifikan dari Gambaran variabel X1 terhadap Y sebesar 0,819 (81,9%) sisanya 18,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan regresinya adalah Y= 17,937 + 0,788 + 0,181, artinya jika terjadi peningkatan satu poin pada variabel X1 , maka akan ada peningkatan pada variabel Y sebesar 0,788 ditambah 0,181 (variabel residu). Secara parsial terdapat pengaruh yang positive dan signifikan dari Gambaran variabel X2 terhadap Y sebesar 0,649 (64,9%) sisanya 35,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan regresinya adalah Y= 16,399 + 0,848 + 0,351, artinya jika terjadi peningkatan satu poin pada variabel X2, maka akan ada peningkatan pada variabel Y sebesar 0,848 ditambah 0,351 (variabel residu). Secara simultan terdapat pengaruh yang positiv dan signifikan dari X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,962 (96,2%) sisanya 3,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Persamaan regresinya adalah Y= -2,425+0,578+0,472+0,038, artinya jika terjadi peningkatan satu poin pada variabel X1 dan variabel X2, maka akan ada peningkatan pada variabel Y sebesar 1,050 (0,578+0,472) ditambah 0,038 (variabel residu).
Deskripsi: Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1), Motivasi Kerja (X2), Dan Kinerja Guru (Y). Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/853


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya