MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 KARANGTENGAH KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 KARANGTENGAH KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 KARANGTENGAH KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON
Penulis: ABDUL BASITH
Abstrak: Abdul Basith (NIM: 2017.8.1.2.0002), Manajemen Pendidikan Karakter Siswa Di SDN 3 Karangtengah Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon. Nilai karakter sekolah merupakan perilaku yang muncul atau terlihat pada siswa dalam berinteraksi sebagai makhluk sosial. Manajemen pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter di Sekolah sebagai salah satu usaha dalam meminimalisir adanya ketimpangan yang terjadi pada anak sekolah seperti kenakalan, kekerasan, dan penyalahgunaan narkoba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa perencanaan manajemen pendidikan karakter, menganalisa pelaksanaan manajemen pendidikan karakter dan mengevaluasi manajemen pendidikan karakter di Sekolah SDN 3 Karangtengah Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Waktu penelitian selama 6 bulan dimulai dari bulan Juli 2019 sampai dengan bulan Desember 2019, tempat penelitian SDN 3 Karangtengah Cirebon, tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: pertama, perencanaan manajemen pendidikan karakter telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan visi, misi dan tujuan sekolah dimulai dari perumusan tujuan, penyusunan strategi, penetapan kebijaksanaan, pemetaan prosedur, dan penyempurnaan program dalam penerapan pendidikan nilai nilai karakter yaitu nilai karakter religius, nilai karakter nasionalisme, nilai karakter mandiri, nilai karakter gotongroyong dan nilai karakter integritas. Kedua, pengorganisasian melalui pembentukan tim pelaksana pendidikan karakter dengan penanggung jawab kepala sekolah yang melibatkan guru, siswa, dan staf kependidikan melalui pengorganisasin karakter siswa, mensosialisasikan kebijakan dan rencana sekolah, penyiapan pendidikan dan tenaga kependidikan, serta mengkaji ulang KTSP, RKAS, Program kegiatan pembiasaan, ko-kurikuler serta ekstrakurikuler. Ketiga, Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter melalui kegiatan pengorganisasian dan tindakan berfokus pada pelaksanaan nilai-nilai karakter baik dalam kegiatan ekstra kurikuler dan intra kurikuler sehingga siswa siswi Sekolah SDN 3 Karangtengah dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Keempat, Evaluasi manajemen pendidikan karakter siswa melalaui kegiatan mengawasi pelaksanaan kegiatan, melakukan refleksi, analisis dan tindak lanjut. Sehingga manajemen pendidikan karakter di Sekolah SDN 3 Karangtengah Cirebon telah menghasilkan siswa-siswi yang unggul dalam penanaman karakternya dan dapat mengembangkan sikap- sikap baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat sosialnya. Manajemen Pendidikan karakter di Sekolah SDN 3 Karangtengah perlu untuk lebih ditingkatkan lagi dalam proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan supaya manajemen pendidikan karakter di Sekolah SDN 3 Karangtengah akan lebih maju dan akan lebih baik dalam penerapan pendidikan karakternya khususnya untuk para siswa-siswi di Sekolah SDN 3 Karangtengah
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen pendidikan, karakter siswa Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/846


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya