SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus di SMK Basuraga Palimanan Kabupaten Cirebon)

Publikasi Unusia

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus di SMK Basuraga Palimanan Kabupaten Cirebon)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus di SMK Basuraga Palimanan Kabupaten Cirebon)
Penulis: ROSYID HASBULLAH
Abstrak: ABSTRAK SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus di SMK Basuraga Palimanan Kabupaten Cirebon) Kurangnya perhatian kepala sekolah terhadap guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolah tentunya menjadi penghambat dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut serta keberhasilan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian dilapangan, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, perencanaan kegiatan supervisi akademik kepala sekolah di SMK Basuraga Palimanan dimulai dari pembentukan tim supervisi akademik, pembuatan program supervisi sampai pada sosialisasi kepada semua guru. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMK Basuraga Palimanan menggunakan tehnik perorangan. Kepala sekolah mendelegasikan kepada guru yang ditunjuk untuk menjadi supervisor. Ketiga, evaluasi supervisi akademik hanya sebatas masukan dari supervisor setelah pelaksanaan supervisi selesai, dan program tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah di SMK Basuraga Palimanan hanya bersifat umum, tanpa adanya kebijakan yang mengikat. Keempat, supervisi akademik kepala sekolah di SMK Basuraga Palimanan belum berhasil dalam meningkatkan kompetensi profesional guru karena pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah belum terencana, sistematis dan berkelanjutan. Supervisi dilaksanakan untuk kelengkapan adminstrasi jika ada kunjungan pengawas manajerial sekolah. Kata kunci: supervisi akademik, kompetensi profesional, guru
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/832


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya