MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH SWASTA (Studi Kasus Di MA Miftahuttholibin Timbang Cigandamekar Kuningan)

Publikasi Unusia

MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH SWASTA (Studi Kasus Di MA Miftahuttholibin Timbang Cigandamekar Kuningan)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH SWASTA (Studi Kasus Di MA Miftahuttholibin Timbang Cigandamekar Kuningan)
Penulis: ADE ABDUL MUHYI
Abstrak: ABSTRAK Nama : Ade Abdul Muhyi NIM : 2016.8.1.1.0026 Judul : Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Swasta(Studi Kasus Di Ma Miftahuttholibin Cigandamekar Kuningan) Dunia pendidikan Indonesia saat ini memiliki tantangan dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan berkepribadian unggul, yang memiliki daya saing baik kancah nasional maupun internasional. Dalam menyelesaikan problem ini, madrasah dapat melakukan beberapa strategi untukmeningkatkan mutu pendidikannya diantaranya yaitu dengan cara implementasi perencanaan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk :1)Menganalisis proses penyusunan perencanaan strategis, 2)Menganalisis strategi implementasi perencanaan strategis, 3) Menganalisis evaluasi dan implikasi implementasi perencanaan strategis terhadap mutu pendidikan di MA Miftahuttholibin Timbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Penyusunan perencanaan startegis melalui 2 tahap yaitu: a) analisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan SWOT analisys, melibatkan stakeholders, mengkaji faktor-faktor yang mepengaruhi mutu madrasah, menjaring informasi kondisi madrasah saat ini dan kedepannya; b) perumusan strategi, yang dilakukan oleh tim, menyesuaikan kondisi madrasah serta mempertimbangkan harapan- harapan stakeholders. Kedua, Teknik implementasi perencanaan strategis dengan 2 cara yaitu: a) melibatkan stakeholders dengan memberikan wewenang terhadap staff-staff, melakukan pengumuman program diawal tahun, mengadakan rapat koordinasi setiap bulan, dan memberikan tugas sesuai dengan bidangnya; b) memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki dengan menganggarkan biaya implementasi program, memberikan pelatihan kepada guru, dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Ketiga, a) evaluasi internal dan eksternal dengan cara mengevaluasi proses dan hasil kegiatan belajar mengajar, evaluasi lulusan setiap tahun, melihat keprofesionalan guru, mengevaluasi prestasi yang diraih, dan monitoring yang dilakukan oleh pengawas pendidikan dari kemenag serta akreditasi yang dilakukan oleh BAN S/M; b) implikasi, mengalami peningkatan mutu pendidikan dengan indikator: peningkatan proses KBM, prestasi, jumlah peserta didik dan peningkatan prosentase lulusan, serta terpenuhinya sarana penunjang proses pembelajaran sesuai dengan SNP. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/831


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya