PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU RA DI KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU RA DI KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU RA DI KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON
Penulis: SITI JUWARIYAH
Abstrak: ABSTRAK SITI JUWARIYAH. NIM. 2016. 8.1.1.0092 “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Guru RA di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya produktivitas kerja guru RA di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Beberapa faktor penyebabnya adalah karena guru kurang memiliki inisaiatif untuk berusaha meningkatkan dan menjaga produktivitas kerjanya sebagai bentuk tanggung jawab terhadap profesi yang sedang dijalankan. Selain itu terdapat keadaan yang kontradiktif dari teori di mana kompetensi pedagogik dan motivasi kerja tidak berbanding lurus dengan produktivitas kerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kuat pengaruh yang dihasilkan dari kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru RA di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif (survey) dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kepada 55 responden yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Hubungan kompetensi pedagogik terhadap motivasi kerja guru termasuk hubungan yang cukup kuat dan signifikan dengan hubungan sebesar 31,7%. 2) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap produktivitas kerja guru termasuk cukup kuat dan signifikan dengan besar pengaruh 22%. 3) Pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru termasuk rendah dan signifikan dengan besar pengaruh hanya sebesar 5,7%. 4) Pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja secara bersamaan terhadap produktivitas guru termasuk cukup kuat dan signifikan dengan besar pengaruh sebesar 22,1% dan hasil uji hipotesis menunjukan Fhitung 7,393 > dari Ftabel 3,23 artinya signifikan. Signifikasi di sini berarti Ha4 diterima, artinya kompetensi pedagogik guru (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja guru (Y). Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat dan signifikan dari kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru RA di Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Kata Kunci: Pedagogik, Motivasi, Produktivitas.
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/829


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya