MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MAKSIMALISASI PERAN GURU DI SMP AL WASHLIYAH SUMBER CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MAKSIMALISASI PERAN GURU DI SMP AL WASHLIYAH SUMBER CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MAKSIMALISASI PERAN GURU DI SMP AL WASHLIYAH SUMBER CIREBON
Penulis: SULAIMAN HAKIM
Abstrak: ABSTRAK MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERAN GURU DI SMP AL WASHLIYAH SUMBER CIREBON SULAIMAN HAKIM NIM 2016.8.1.0012 Judul penelitian ini adalah Manajemen Kepala Sekolah dalam meningkatkan peran Guru di SMP Al Washliyah Sumber Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah merumuskan perencanaan kebijakan, mengatur tata kerja, melaksanakan program peningkatan peran guru, melakukan pengawasan dan yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Kepala Sekolah dalam meningkatkan peran guru di SMP Al Washliyah Sumber Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (empiris) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tata usaha, guru dan siswa. Sedangkan buku arsip, laporan kegiatan dan dokumen pelaksanaan manajemen merupakan data skunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objektif SMP Al Washliyah Sumber Cirebon. Temuan khususnya, adalah : (1) Perumusan dan perencanaan Kebijakan Kepala Sekolah di SMP Al Washliyah Sumber Cirebon dilakukan dengan membuat perencanaan, Implementasi dan evaluasi melalui musyawarah, diskusi dan forum rapat (2) Pengorganisasian di SMP Al Washliyah Sumber Cirebon dilakukan dengan cara membagi tugas sesuai dengan struktur organisasi. (3) Implementasi dan evaluasi kegiatan berupa workshop, pelatihan, pengajian bulanan dan seminar (4) Pengawasan Kepala sekolah di SMP Al Washliyah Sumber Cirebon dilakukan secara langsung dengan memantau semua yang dilakukan siswa maupun guru dan melakukan monitoring ke kelas-kelas. Secara tidak langsung kepala sekolah melakukan pengawasan melalui wakil kepala sekolah bagian kurikulum, kesiswaan, guru BP dan guru piket (5) Faktor pendukung di SMP Al Washliyah Sumber Cirebon adalah sarana prasarana yang presentatif dan kerjasama yang baik antar stake holder sekolah. Faktor penghambatnya keterbatasan biaya, waktu dan tenaga, dan dari dalam diri guru itu sendiri yang kurang memahami kebijakan yang dilakukan kepala sekolah dan enggan mengembangkan potensinya. Kata kunci : manajemen, kepala sekolah, peran guru
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/827


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya