Tampilkan catatan item lengkap
Judul: | MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTs NURUL HUDA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN |
Penulis: | OMAN ABDURAHMAN |
Abstrak: | ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang; 1)Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Nurul Huda Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Tahun 2020./2021, 2) Hambatan dan Solusi dari Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Nurul Huda Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di MTs Nurul Huda Timbang, Penelitian dilakukan bulan September – Nopember 2020. Subyek penelitian Kepala Sekolah, Ketua Yayasan, Komite Sekolah dan guru Tahfidz al-Qur’an, siswa, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan Wali Murid. Teknik pengumpulan data;observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Teknik analisis data menggunakan metode interaktif yang dimulai dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap mengenai Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Nurul Huda Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Tahun 2020/2021 yang digunakan fungsi Manajemen Program Tahfidz dalam 4 penelitian a) Perencanaan Program Tahfidz di MTs Nurul Huda Timbang, b) Pengorganisasian Program Tahfidz di MTs Nurul Huda Timbang , selalu koordinasi atau rapat rutin disekolah terkait peningkatan prestasi siswa serta diskusi sesama guru mencari solusi permasalahan di kelas, serta kepala sekolah dan pengawas, c) Pelaksanaan Program Tahfidz :disesuaikan standar kurikulum, penambahan materi, dalil dan gambar. disampaikan siswa, supaya siswa mempunyai pemahaman yang lebih luas.d) Pengawasan Program Tahfidz; dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sesuai jadwal satu bulan sekali. 2) Hambatan;(A) kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya Program tahfiddz Al-Qur’an (B) kurangnya motivasi, (C) materi yang terbatas, (D) ketersediaan waktu yang terbatas.Faktor Eksternal yaitu: (a) lingkungan keluarga (b) lingkungan sekolah. 3) Solusi; a)siswa menyadari pentingnya Tahfidz Al-Qur’an ,(b) tambahan waktu (c) motivator orang tua (d)sarana prasarana ,(e) kerjasama lingkungan keluarga. Kata kunci: Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an. |
Deskripsi: | Kata Kunci : Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Referensi : |
URI: | https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/825 |
File | Ukuran | Format | Lihat |
---|---|---|---|
Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini. |