Abstract:
Skripsi ini membahas efektivitas penggunaan permainan lompat tali Dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di PAUD Payung Sari Dusun Wanakajir Desa Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon tahun 2020. Pembahasannya dilatar belakangi oleh hasil pencapaian kemampuan motorik kasar yang belum maksimal, hal ini disebabkan proses pembelajaran di PAUD Payung Sari monoton, tidak menyenangkan dan fokus kepada membaca, menulis dan berhitung saja. Dan sebaiknya pembelajaran untuk anak usia dini harus bervariasi untuk menarik minat anak untuk mengikuti berbagai proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan lompat tali Dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di PAUD Payung Sari Dusun Wanakajir Desa Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon. Indikator yang ditelti adalah ketangkasan anak saat melompat, ketepatan anak saat melompat dan keseimbangan anak saat mendarat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pretest dan posttest. Tenik pengumpulan data dengan menggunakan tes sebelum dan sesudah menggunankan permainan lompat tali, observasi dan dokumentasi dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 17 anak. Penerapan permainan lompat tali diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pembelajaran di sekolah. Dengan permainan lompat tali ini diharapkan dapat menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan khususnya kegiatan meningkatkan motorik kasar anak. Dan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukkan bagi kegiatan mengajar di PAUD Payung Sari Dusun Wanakajir Desa Jatianom Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon,