MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI TK SMART AULADI KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI TK SMART AULADI KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI TK SMART AULADI KOTA CIREBON
Penulis: NURUL AEIN SUFARISYAH
Abstrak: Nurul Aein Sufarisyah (2017.8.1.2.0021): Menejemen Pendidikan Karakter Religius di TK Smart Auladi Kota Cirebon. Saat ini masalah pendidikan karakter menjadi pusat perhatian dunia pendidikan, hal ini disebabkan akutnya permasalahan moral ditengah-tengah masyarakat yang sudah dalam kondisi sangat memprihatinkan. Dalam hal ini perbaikan karakter sangat dibutuhkan sebagai usaha penguatan pendidikan karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran agar penanaman nilai dan norma tersebut menjadi landasan berpikir untuk menjalani kehidupannya di masa yang akan datang, maka harus dilakukan sejak usia dini (golden age). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dianggap sebagai lembaga pendidikan yang sangat penting dalam penanaman nilai karakter pada anak yang akan melahirkan generasi yang bertakwa, memiliki akhlak mulia, cerdas, berprestasi dan bersinergi dengan kehidupannya. Sehingga merumuskan program pendidikan karakter menjadi suatu yang harus dimiliki lembaga pendidikan PAUD. Namun faktanya tidak semua lembaga pendidikan PAUD telah melakasanakan pendidikan karakter secara terkonsep dan terprogram dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter Religius di TK Smart Auladi Kota Cirebon? 2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan karakter Religius di TK Smart Auladi Kota Cirebon? 3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter Religius di TK Smart Auladi Kota Cirebon? 4) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter Religius di TK Smart Auladi Kota Cirebon? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru TK Smart Auladi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:1) TK Smart Auladi membuat perencanaan dengan menentukan terlebih dahulu konsep pendidikan karakter yang sesuai dengan visi misi Smart Auladi itu sendiri. Smart Auladi ingin menumbuhkan anak dengan pendidikan karakter yang sesuai dengan pendidikan Islami; 2) Langkah selanjutnya TK Smart Auladi melakukan pemilihan dan penetapan orang-orang yang ditunjuk untuk menjalankan dan mengalokasikan segala sarana dan prasarana untuk menunjang tugas setiap guru dan seluruh stake holder yang ada. Juga bekerja sama dengan dinas sosial dan tenaga psikologi; 3) Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di TK Smart Auladi Kota Cirebon, yaitu menentukan Siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di TK Smart Auladi Kota Cirebon, serta melakukan pengelolaan sumber dana dan hasil yang di peroleh dari pelaksanaan manajemen pendidikan di TK Smart Auladi Kota Cirebon; 4) Dari hasil penelitian program pendidikan karakarter secara umum sudah berjalan baik, Peran guru dan orang tua sangat penting, peran keduanya inilah yang menjadi faktor pendukung dalam penguatan pendidikan karakter. Namun dalam pengawasannya masih sulit dilakukan karena anak lebih banyak waktu bersama orang tua di rumah
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Karakter, Religius Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1Ha4-ggWjU38Vy3iT1aIe-gi5tO_i7fJ1
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/784
Tanggal: 2021-09-18


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya