PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU

Publikasi Unusia

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK KECAMATAN KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU
Penulis: DESI IKE PRATIWI
Abstrak: DESI IKE PRATIWI. NIM. 2017.8.1.2.0034 “Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di TK Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu” Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah termasuk dalam kategori cukup baik akan tetapi komunikasi yang dibangun kepala sekolah kurang baik sehingga hal tersebut mengakibatkan rendahnya kinerja guru di TK Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di TK Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket kepada 37 responden yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Hubungan kepemimpinan dengan komunikasi kepala sekolah di TK se-Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu terbukti cukup kuat dengan nilai R 0,481 dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung 2,734, sedangkan dari ttabel sebesar 1,690. Dengan demikian nilai thitung (2,734) > dari ttabel (1,690) signifikan, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan. 2) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di TK se-Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu terbukti cukup kuat dengan nilai R sebesar 0,419 dan hasil uji hipotesis yaitu nilai thitung 3,112, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,690. Dengan demikian nilai thitung (3,112) > dari ttabel (1,690) signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan. 3) Pengaruh komunikasi kepala sekolah terhadap kinerja guru di TK se-Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu terbukti cukup kuat dengan nilai R sebesar 0,521 dan hasil uji hipotesisnya yaitu nilai thitung (3,615) > dari ttabel (1,690) signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan. 4) Pengaruh kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah secara bersamaan terhadap kinerja guru di TK se-Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu termasuk sangat kuat dengan bukti dari nilai R sebesar 0,749 (kategori kuat) dan uji hipotesis menunjukan nilai Fhitung 7,342 > dari Ftabel 3,23 signifikan yaitu kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan komunikasi kepala sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan dan komunikasi kepala sekolah memberikan kontribusi yang berarti terhadap kinerja guru di TK Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Kata Kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Kinerja Guru.
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1bVHfQ1CUP-4ngeimIB9C1QUxfLALoG9K
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/780
Tanggal: 2021-11-26


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya