IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMK BINA INSAN MULIA DESA CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMK BINA INSAN MULIA DESA CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Ferry Muhammadsyah Siregar, LC. MA.
dc.contributor.advisor Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.author MA'MUN AZIS
dc.contributor.editor MA'MUN AZIS
dc.contributor.other Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
dc.contributor.other Dr. H. Amin Haedari, M.Pd.
dc.contributor.other Dr. H. Oman Fathurohman, M.A.
dc.date.accessioned 2023-01-04T03:40:19Z
dc.date.available 2023-01-04T03:40:19Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2021-11-26
dc.identifier 2017.8.1.2.0017
dc.identifier.uri https://drive.google.com/uc?export=view&id=1nCl3Caq_Yn9kukAouIIbcLZIqW_rXlWZ
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/779
dc.description Kata Kunci : Referensi :
dc.description.abstract Ma’mun Azis. Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren Di SMK Bina Insan Mulia Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2021. Manajemen Pendidikan adalah proses yang perlu diterapkan dalam dunia pndidikan agar tujuan dari pendidikan bisa tercapai. Manajemen merupakan sebuah poroses perencanaan, dan pengontrolan sumber daya agar dihasilkan sesuatu yang efektif. Jika dikaitkan dalam dunia pendidikan, maka tujuan akhirnya adalah pada pendidikan tersebut. Manajemen akan membentuk pendidikan tersebut. Manajemen akan membentuk pendidikan tersebut menjadi lebih terarah sehingga hasilnya akan lebih baik. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Bina Insan Mulia. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pelaksanaan Manajemen yang ditinjau dari manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana, serta manajemen tenaga kependidikan di SMK Bina Insan Mulia, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melaksanakan manajemen sekolah berbasis pesantren, (3) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan manajemen sekolah berbasis pesantren. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakabid Kurikulum, Wakabid Kesiswaan, Bendahara, Wakabid Sarana dan Prasarana, serta Kepal Bidang Personalia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum telah dilaksanakan, realitasnya terlaksana program pembelajaran, dilakukan pengawasan, serta terlaksananya proses pembelajaran sesuai dengan pembagian tugas yang telah ditetapkan kepada guru pengajar. Manajemen kesiswaan telah dilaksanakan sessuai yang direncanakan, hal ini tergambar dengan adanya program penerimaan siswa baru dan berjalannya kegiatan ekstrakurikuler. Manajemen keuangan telah dilaksanakan, dengan mengatur segala pemasukan dan pengeluaran. Manajemen personalia yang dilaksanakan termasuk kategori sudah baik. Manajemen sarana dan prasarana sudah termasuk kategori baik, karena beberapa fasilitas sekolah sudah terpenuhi.
dc.publisher Manajemen Pendidikan Islam (S2)
dc.subject
dc.title IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DI SMK BINA INSAN MULIA DESA CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S2


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya