ANALISIS PENGARUH SARANA PRASARANA DAN BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN PAUD TERHADAP KOMPETENSI GURU PAUD DI LINGKUP UPTD PENDIDIKAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN

Publikasi Unusia

ANALISIS PENGARUH SARANA PRASARANA DAN BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN PAUD TERHADAP KOMPETENSI GURU PAUD DI LINGKUP UPTD PENDIDIKAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: ANALISIS PENGARUH SARANA PRASARANA DAN BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN PAUD TERHADAP KOMPETENSI GURU PAUD DI LINGKUP UPTD PENDIDIKAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN
Penulis: Susi
Abstrak: SUSI. NIM. 2018.8.1.3.0015 “Analisis Pengaruh Sarana Prasarana dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD Terhadap Kompetensi Guru PAUD Di Lingkup UPTD Pendidikan Pancalang Kabupaten Kuningan”. Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya adalah upaya memfasilitasi perkembangan anak pada seluruh aspek kepribadian anak yaitu mengembangkan potensi fisik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Kenyataanya pola pembelajaran yang dilaksanakan cenderung bersifat akademis, yaitu pembelajaran yang lebih menekankan pada pencapaian kemampuan anak dalam membaca, menulis, dan berhitung. Kecenderungan tersebut dipengaruhi oleh kompetensi guru PAUD terhadap konsep pembelajaran awal pada anak usia dini didukung dengan sarana prasarana dan dana yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana prasarana dan BOP PAUD terhadap kompetensi guru PAUD. Sarana prasarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, efektif, teratur dan efesien. Dana BOP PAUD adalah program pemerintah pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi PAUD. Kompetensi guru adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas dan keprofesionalan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan melalui google form dengan menggunakan 70 sampel. Pengolahan data menggunakan analisis korelasi dan regresi dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) sarana prasarana terhadap kompetensi guru yang ditunjukan dengan hasil koefisien korelasi (5_5e15f) sebesar 0,801, koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,641,dan thitung > ttabel (11,019 >2,000). Sarana prasarana memiliki kontribusi pengaruh terhadap kompetensi guru sebesar 64,1%, (2) Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD terhadap kompetensi guru PAUD ditunjukan dengan hasil koefisien korelasi (5_5e25f) sebesar 0,897, koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,801, thitung > ttabel (16,704 >2,000), BOP PAUD memiliki kontribusi pengaruh terhadap kompetensi guru PAUD sebesar 80,1%, (3) Sarana Prasarana dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD secara bersama-sama terhadap Kompetensi Guru PAUD ditunjukan dengan nilai R sebesar 0,804 atau 80,4% dan Fhitung > Ftabel (137,849 >3,134). Kata Kunci: Sarana Prasarana, Bantuan Operasional, Kompetens
Deskripsi: Kata Kunci : Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1kvo_vEvGWHAiJJl8sDQn_IZYa7HMJP9P
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/776
Tanggal: 2021-11-25


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya