MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAFI (Studi Kasus di Ponpes al-Istiqomah Kec. Plered Kab. Cirebon)

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAFI (Studi Kasus di Ponpes al-Istiqomah Kec. Plered Kab. Cirebon)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAFI (Studi Kasus di Ponpes al-Istiqomah Kec. Plered Kab. Cirebon)
Penulis: Muhammad Fatih
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan pada pondok pesantren al-Istiqomah. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dan informan dalam dalam penelitian ini digali dari informan yang memiliki peran kunci dalam mengelola atau menerapkan manajemen sebagai pengambil keputusan dalam proses pendidikan, yaitu pengasuh pondok pesantren sebagai pimpinan beserta keluarganya, ustad dan pengurus pondok pesantren al-Istiqomah dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini mengungkap bagaimana manajemen pendidikan dilihat dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan pondok pesantren al-Istiqomah. Hasil dalam penelitian ini mengungkap bahwa: 1) Perencanaan pendidikan pondok pesantren al-Istiqomah kecamatan Plered kabupaten Cirebon yang dirancang oleh Kiai Abdurahman kemudian dikembangkan oleh menantunya Kiai Abdul Hadi dan diteruskan oleh putranya yang ke tiga yakni Kiai Afnan Hafidz. 2) Struktur keorganisasiannya dipimpin oleh seorang ketua yang lazim disebut Lurah Pondok sebagai pelaksana harian yang dilengkapi dengan susunan kepengurusan dan dibantu seksi-seksi sesuai kebutuhan. 3) Pelaksanaan pendidikan pondok pesantren al-Istiqomah dilaksanakan secara klasikal -pola salafiyah- dengan menggunakan metode sorogan, bandongan, lalaran, hafalan, dan mudzakarah dan mata pelajarannya berputar pada aspek fiqih, akhlak, tasawuf al-Qur’an dan tafsirnya, ilmu mantik, ilmu alat (nahwu jawan, jurumiyah, imriti, dan alfiyah Ibnu Malik) 4) bentuk Pengawasan pendidikan pondok pesantren al-Istiqomah terbagi menjadi dua macam yakni meliputi bentuk pengawasan internal dan bentuk pengawasan eksternal.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : perencanaan, organisasi, pelaksanaan, pengawasan, pendidikan pondok pesantren Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1bNKPdx1_pebLekfVyTuCRTdU5-dGbhUU
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/762


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya