MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BERBASIS KARAKTER (STUDI KASUS DI MTSN 9 KABUPATEN CIREBON)

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BERBASIS KARAKTER (STUDI KASUS DI MTSN 9 KABUPATEN CIREBON)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BERBASIS KARAKTER (STUDI KASUS DI MTSN 9 KABUPATEN CIREBON)
Penulis: Nailatun Mubarokah
Abstrak: ABSTRAK Nailatun Mubarokah-NIM 2019.8.1.4.0110: “Manajemen Program Literasi Berbasis Karakter di MTSN 9 Kabupaten Cirebon”. Munculnya Permendikbud No.23 Tahun 2015 mengenai gerakan literasi Madrasah, MTSN 9 kabupaten Cirebon telah melaksanakan program ini pada tahun 2016 dan madrasah ini menjadi madrasah unggulan. Melihat fenomena tersebut penulis beranggapan bahwa madrasah telah memiliki manajemen yang baik dalam melaksanakan program ini. Dengan demikian penelitian ini berjudul Manajemen Program Literasi Berbasis Karakter di MTSN 9 Kabupaten Cirebon”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manajemen gerakan literasi madrasah di MTSN 9 kabupaten Cirebon. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah ketua program literasi madrasah, dan tambahan personil pendukung (kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data dan penyajian data dalam bentuk naratif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan gerakan literasi madrasah dilakukan dengan dua kegiatan utama yaitu menentukan sasaran dan merangcang rencana, 2) Pengorganisasian gerakan literasi madrasah dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahapan penentuan, tahapan pengelompokan dan tahapan penyusunan kegiatan, 3) Pelaksanaan literasi madrasah dilaksanakan dengan tiga tahapan sebagaimana pada buku pedoman gerakan literasi madrasah menengah pertama, dan 4) evalasi literasi madrasah dilakukan dengan dua kegiatan inti yaitu melakukan penilain dan perbaikan. Adapun implikasinya ialah 1) manajemen yang terpola dan tertata rapi menghasilkan program literasi madrasah yang lebih mudah untuk dikelola, 2) perencanaan program literasi madrasah yang baik akan menentukan rambu-rambu dalam pelaksanaan dan mengetahui tahapan untuk mencapai tujuan, 3) pengorganisasian program literasi madrasah dapat mengklasifikasikan prioritas program yang akan dilaksanakan untuk pencapaian tujuan yang efektif, 4) pelaksanaan program literasi madrasah yang baik akan dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efektif, 5) evaluasi dapat dijadikan acuan untuk keberhasilan program literasi madrasah.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Literasi, Karakter Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1FrvpUSoyUWengRuyvzez1s-qq1F2ojan
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/748


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya