MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SDN II KARYAMULYA KESAMBI KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SDN II KARYAMULYA KESAMBI KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MUTU LULUSAN DI SDN II KARYAMULYA KESAMBI KOTA CIREBON
Penulis: JAFAR SHODIQ
Abstrak: Peran lembaga pendidikan sangat penting ketika peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan kebutuhan pemberdayaannya. Dengan demikian maka pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan bangsa, pendidikan memberikan peluang untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup dan kehiduapan masyarakat Pendidikan dasar merupakan pendidikan umum (general education), yang artinya bahwa pendidikan merupakan pendidikan minimum yang berlaku untuk semua negara tanpa kecuali. Dalam menjawab tantangan nasional bahkan internasional, maka perlu adanya pendidikan yang bermutu. Mutu pendidikan atau mutu sekolah tertuju pada mutu lulusan. fokus penelitian dalam kajiannya adalah pada mengevaluasi mutu kelulusan yang diselenggarakan oleh SDN II Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon yaitu pada konteks bagaimana perencanaan, pelaksanaan (implementasi), serta evaluasi kepala sekolah dalam program-program pendidikan yang mendukung peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasarnya Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data-data penelitian menggunakan metode observasi,wawancara dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan strategi pada SDN II Karyamulya (a) melakukan analisis lingkungan intenal dan eksternal sekolah (b) berkoordinasi dengan wakil kepala untuk merumuskan program sekolah (c) menentukan strategi melalui pengembangan program/kegiatan sekolah. Pada SDN II Karyamulya, perencanaan strategi diikuti dengan merumuskan kebijakan mutu, (2) Implementasi strategi yaitu dengan (a) membentuk koordinator/penanggungjawab untuk setiap program/kegiatan, (b) melakukan sosialisasi program sekolah kepada komite, orang tua/wali siswa, dan pihak-pihak terkait, (c) mengembangkan program unggulan (d) pengembangan program/kegiatan pada bidang wakil kepala sekolah dan peningkatan sumber daya guru. (3) Evaluasi strategi yang dilakukan adalah (a) supervisi, (b) pelaksanaan evaluasi rutin pada proses pembelajaran, (c) melalui laporan kegiatan dan rapat evaluasi sekolah.
Deskripsi: Kata Kunci : Mutu Lulusan, Strategi Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1h4R9Tu1b0QY6clgg9KDPDpkgR9e2S92h
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/741


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya