MANAJEMEN PENDIDIKAN SOFT SKILLS DALAM MEMBINA KOMPETENSI ANAK USIA DINI DI SEKOLAH LIL’BEE KOTA BEKASI

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PENDIDIKAN SOFT SKILLS DALAM MEMBINA KOMPETENSI ANAK USIA DINI DI SEKOLAH LIL’BEE KOTA BEKASI

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PENDIDIKAN SOFT SKILLS DALAM MEMBINA KOMPETENSI ANAK USIA DINI DI SEKOLAH LIL’BEE KOTA BEKASI
Penulis: Eha Julaeha
Abstrak: ABSTRAK Eha Julaeha (NIM: 2019.8.1.4.0006), Manajemen Program Pendidikan Softskill Anak Usia Dini di Sekolah Lil Bee Kota Bekasi Pengembangan soft skill perlu dilakukan secara simultan dengan pengembangan persepsi yang tepat. Selama ini pendidikan formal hanya menekankan perkembangan yang terbatas pada ranah kognitif saja, perkembangan pada ranah afektif (sikap dan perasaan) kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini ialah memberikan informasi dan menganalisis (1) perencanaan pendidikan Soft Skill, (2) pengorganisasian pendidikan Soft Skill, (3) pelaksanaan pendidikan Soft Skill, dan (4) evaluasian pendidikan Soft Skill di Sekolah Lil’Bee. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, disain studi kasus. Waktu penelitian selama 5 bulan dimulai dari bulan April sampai dengan Agustus 2021, tempat penelitian di Sekolah Lil Bee Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta triangulasi untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan soft skill dalam pembelajaran dilakukan oleh pihak sekolah sebagai pembuat kebijakan yang dikomunikasikan kepada orangtua peserta didik sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran. (2) Pengorganisasi pendidikan soft skill dalam pembelajaran dilakukansecara kolaboratif antara sekolah (guru, kepala sekolah) dan orangtua. Keterampilan anak diperoleh dari pendidikan keluarga, lingkungan keluarga, lingkungan terdekat, dan lingkungan sekolah. (3) Pelaksanaan pendidikan soft skill di sekolah adalah dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas menggunakan metode Beyond Centre and Circle Time serta media loose parts, yang memiliki berbagai macam jenis sehingga anak diberikan kebebasan memilih (mandiri belajar), (4) Pengawasan pendidikan soft skill dalam pembelajaran di sekolah di lakukan setiap hari secara langsung, dan apabila ada hal yang kurang sesuai dalam pelaksanaannya maka ada evaluasi harian, minggguan, bulanan dan tahunan yang berkesinambungan.
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen softskill, Anak usia dini Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=18qGSR5bU3rdCMkIgen0OOw1UwuRkyICq
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/680
Tanggal: 2022-09-24


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya