ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON
Penulis: SA'DUROFIK
Abstrak: ABSTRAK Sa’durofik. NIM. 2019.8.1.4.0186 “Analisis Kurikulum Pendidikan Vokasi Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SMKN 1 Gunung Jati Kabupten Cirebon”. Kemerosotan moral kehidupan berbangsa dan bernegara pada kalangan remaja (peserta didik) berada pada kondisi yang cukup memprihatinkan. Banyak permasalahan yang melatarbelakangi meningkatnya kasus kriminal yang kita saksikan, baik secara langsung maupun dari berbagai media sosial. Ini dikarenakan gagalnya dunia pendidikan dalam mendidik anak didiknya. Sebagai tempat pendidikan formal, tentu saja sekolah memiliki peran tersendiri sebagai wadah dalam menempa moralitas dan karakteristik peserta didik, perbaikan demi perbaikan telah dilakukan dan muncullah sebuah kurikulum yang baru yaitu kurikulum 2013 berbasis karakter. Salah satu sekolah yang melaksanakan kurikulum pendidikan karakter ialah SMKN 1 Gunung Jati Cirebon. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menggali, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kurikulum pendidikan vokasi dalam pembentukan karakter religius siswa diimplementasikan di sekolah. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Selain itu peneliti juga bertindak langsung sebagai instrument utama untuk mendapatkan data yang jauh lebih mendalam dan bermakna saat dilapangan dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi dari manajemen kurikulum berperan besar dalam keberhasilan sekolah mencapai visi, misi, tujuan, dan program-program sekolah yang dicanangkan. Salah satu faktor penunjang manajemen kurikulum tersebut adalah sikap dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Sebagai ujung tombak dalam manajemen kurikulum, kepala sekolah mengambil peran yang luar biasa sebagai inspirator, motivator, figur keteladanan, supervisi akademik, dan manajerial bagi segenap elemen yang ada di sekolah.
Deskripsi: Kata Kunci : Kurikulum, Pendidikan vokasi, Karakter religius Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1H3BYs6QXS_9iuAsn8X12GGoY5l3Li-ZL
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/668
Tanggal: 2022-11-18


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya