IMPLEMENTASI PORGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI PORGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI PORGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON
Penulis: MOHAMMAD ADI SURYADI
Abstrak: ABSTRAK Mohammad Adi Suryadi. NIM 2020.8.1.5.0021 “Implementasi Porgram Sekolah Adiwiyata dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Cirebon”. Program Adiwiyata merupakan upaya untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta didik di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji bagaimana implementasi sekolah adiwiyata, pengembangan struktur kurikulum berwawasan lingkungan, realitas keterlibatan peserta didik dan pengoptimalan sarana dan prasarana pendukung dalam implementasi sekolah adiwiyata di SMPN 12 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan sumber data purposive sampling meliputi pihak sekolah SMPN 12 Kota Cirebon, peserta didik dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon. Instrumen penelitian menggunakan pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan triangulasi data. Adapun analisis menggunakan reduksi data, penyajian daya dan penarikan kesimpulan. SMPN 12 Kota Cirebion telah menerapkan implementasi program sekolah adiwiyata dengan memuat pada struktur kurikulum berwawasan lingkungan pada integrasi pembelajaran IPA, Lingkungan Hidup dan Parakarya Budiddaya. Realitas keterlibatan siswa sangat nampak pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan kebersihan maupun pembelajaran di lingkungan sekolah. Kondisi sarana dan prasarana pendukung pada program sekolah adiwiyata telah memenuhi sarana dan prasarana untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup di sekolah dengan tersedianya 6 sarana pembelajaran, terpeliharanya 3 sarana ramah lingkungan, 20% efesiensi pemanfaatan listrik, air dan alat tulis kantor serta adanya pelayanan kantin sehat dan ramah lingkungan. Dapat disimpulkan bahwa implementasi program sekolah adiwiyata dapat mendukung penguatan karakter peduli lingkungan siswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Sekolah Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan dan Peserta Didik. Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1bcmiEmZHhiRRcyb5WYnQLMnjnfWP_3jb
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/663
Tanggal: 2022-11-19


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya