Abstract:
ABSTRAK RUYATI NIM. 2014.17.01952. PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NU LEMAHABANG KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perpusstakaan sekolah di SMA NU Lemahabang yang sangat kurang sekali pemanfaatannya baik oleh siswa ataupun guru, padahal perpustakaan sekolah itu sebagai salah satu sumber belajar dan juga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah kelas X SMA NU Lemahabang, mengetahui Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA NU Lemahabang, dan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas X SMA NU Lemahabang. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang berpengaruh besar dalam dunia pendidikan. Khususnya perpustakaan sekolah, mempunyai peranan yang sangat dominan dalam pembangunan di bidang pendidikan. Salah satu peranan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya perpustakaan sekolah diharapkan siswa dapat mengembangkan ketrampilan untuk mencari informasi bagi keperluan mereka secara mandiri. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik Angket, Adapun Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup (pilihan jawaban responden sudah terbatas) sehingga jawaban responden sudah terstruktur atau terarahkan.Teknik angket dalam penelitian ini digunakan untuk menggali data tentang variabel yaitu Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA NU Lemahabang Kesimpulan dari penelitian ini Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah siswa kelas X SMA NU Lemahabang tergolong baik dengan rata-rata 78 % dari hasil rekapitulasi angket.Motivasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA NU Lemahabang tergolong ccukup baik, dengan rat-rata 75, 3 % dari hasil rekapitulasi hasil angket.Tidak terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan Islam (PAI) pada siswa kelas X SMA NU Lemahabang, dengan menggunakan analisis korelasi product momen dengan koefesien korelasi sebesar 0,07 tergolong sangat rendah, sehingga hasil uji hipotesis dengan rumus thitung diperoleh thitung sebesar 0,37. Sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan db = N-2 diperoleh 2,048. : thitung (0,37) ≤ ttabel (2,048), maka terima Ho, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam di SMA NU Lemahabang