Fakultas | Tarbiyah |
Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
Kode Matakuliah | PAI348 |
Nama Matakuliah | Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | Dr. Taufik Ridwan, M.Hum |
Peserta Perkuliahan | 2020.1.23.1.02758 - AGIS SHOLIKHATU SYAFIRA, 2020.1.23.1.02801 - FIA FATIHAH, 2020.1.23.1.02804 - HADAD NURWAWID, 2020.1.23.1.02827 - LAILI LUTHFIYAH, 2020.1.23.1.02873 - NARDO PEDRO, 22S1PAI0001 - MUHAMMAD ILYAS ZAKARIA |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar
perpusatakaan, sejarah perkembangan perpusatakaan,
organisasi dan administrasi perpustakaan, pembinaan koleksi
perpustakaan, pengolahan pembinaan perpustakaan,pelayanan
pemakai, serta jam perpustakaan. Mata kuliah ini dilaksanakan
melalui kegiatan tatap muka, diskusi (presentasi), serta
penugasan baik individual maupun kelompok. Untuk
memperdalam teori yang sudah di dapatkan dalam perkuliahan,
maka mahasiswa juga diberikan pengalam lapangan berupa
observasi
Sikap
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
keahliannya secara mandiri.
Pengetahuan
Mampu memformulasikan permasalahan pendidikan berdasarkan
konsep yang terkait dengan guru, siswa, kurikulum, sarana-prasarana,
dan lingkungan pendidikan.
Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif
dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan
nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan
menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan
mencegah plagiasi.
4. Mampu merancang dan dan menjalankan penelitian dengan
methodologi yang benar khusus nya terkait dengan pengembangan
bidang pendidikan dan pembelajaran.
Keterampilan Khusus
Mampu merancang dan menjalankan pengelolaan perpustakaan
sekolah/madrasah yang benar khusus nya terkait dengan
pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mampu menjelaskan tentang deskripsi perpustakaan dilihat daru undang undang Tahun 2017 [C2, A3] |
1). Kontrak Belajar 2). Mampu menjelaskan tentang deskripsi perpustakaan dilihat daru undang undang Tahun 2017 [C2, A3] |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Teknik non-test: • Menyusun ringkasan materi/concept map • Tanya jawab Kriteria/ Indikator Pertanyaan diskusi, Kelengkapan buku, Kecukupan referensi. |
Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :4 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mampu memprakteka n deskripsi bibliografi dalam penyusunan katalog perpustakaan Dengan baik dan benar |
Mampu mempraktekan deskripsi bibliografi dalam penyusunan katalog perpustakaan Dengan baik dan benar |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Teknik non-test: • Menyusun ringkasan materi/concept map • Tanya jawab Kriteria/ Indikator Pertanyaan diskusi, Kelengkapan buku, Kecukupan referensi. |
Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Praktik Uji Katalog | Mampu memprakteka n klasifikasi dalam penyusunan standarisasi pengelolaan perpustakaan Dengan baik dan benar |
Belajar mengajar dan tanya jawab | mampu membuat Katalog dengan baik dan benar | 2 x 50 menit | Teknik test : • Menjawab lembar kerja Worksheet SLIMS • Tanya jawab |
Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | Mampu menjelaskan dan memahami review katalogisasi dan klasifikasi secara komprehensif |
Mampu menjelaskan dan memahami review katalogisasi dan klasifikasi secara komprehensif |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Mampu memprakteka n automasi perpustakaan secara komprehensif |
Mampu memprakteka n automasi perpustakaan secara komprehensif |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mampu memprakteka n penggunaan aplikasi automasi perpustakaan secara komprehensif |
Mampu memprakteka n penggunaan aplikasi automasi perpustakaan secara komprehensif |
Belajar mengajar | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Mampu memprakteka n penggunaan aplikasi automasi perpustakaan secara komprehensif |
Mampu memprakteka n penggunaan aplikasi automasi perpustakaan secara komprehensif |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Mampu menggunakan aplikasi SCHILS dan SLIMS | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu mengerjakan Soal | PTS | Mengerjakan Soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Manajemen Pengelolaan professional perpustakaan • E-book • E-paper • E-Jurnal Teks dan ppt materi/bahan ajar |
Mampu mempraktekan penggunaan aplikasi digitalisasi perpustakaan secara komprehensif |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Mampu menggunakan aplikasi SCHILS dan SLIMS | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Mampu memahami dan menjelaskan Literasi Informasi secara komprehensif .[C3,A3,P3] |
Mampu memahami dan menjelaskan Literasi Informasi secara komprehensif .[C3,A3,P3] |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Mampu memahami dan menjalankan Indexasi dan sitasi dengan Mendeley dengan baik dan benar.[C6, A3, P3 |
Mampu memahami dan menjalankan Indexasi dan sitasi dengan Mendeley dengan baik dan benar.[C6, A3, P3 |
Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Praktik Magang dan Evaluasinya | Belajar Mengajar | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | topik pembahasan tentang Plagiasi | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | topik pembahasan tentang Laporan Magang berupa artikel Ilmiah | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Materi PPT dan Buku Asyiknya Belaar Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Review Seluruh Pertemuan MK Perpustakaan dan Launching Karya Magang | Review Seluruh Pertemuan MK Perpustakaan dan Launching Karya Magang | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Buku Perpustakaan |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI348-Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah (2 SKS), Semester: 5 A, Dosen : Dr. Taufik Ridwan, M.Hum, Hari: Senin, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2022/2023, Jurusan: Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon