Telaah PAI SD/SMP/SMA (2 SKS) 7 B Ahmad Hanafi, MA, Sabtu, 14.15 s.d 15.30

Publikasi Unusia

Telaah PAI SD/SMP/SMA (2 SKS) 7 B Ahmad Hanafi, MA, Sabtu, 14.15 s.d 15.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah PAI326
Nama Matakuliah Telaah PAI SD/SMP/SMA
Semester 7
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ahmad Hanafi, MA
Peserta Perkuliahan 2019.1.22.1.02611 - ANDRE SEPTA KURNIAWAN,
2019.1.22.1.02616 - ATIKAH,
2019.1.22.1.02626 - DITA SITI YOHANA,
2019.1.22.1.02628 - EVA NURAJIZAH,
2019.1.22.1.02635 - HAYATUN NUFUS RUHAMA,
2019.1.22.1.02637 - HERRY SETIAWAN,
2019.1.22.1.02652 - LENNY FAUZIAH,
2019.1.22.1.02656 - MAESAROH,
2019.1.22.1.02658 - MIA,
2019.1.22.1.02661 - MUHAMAD RUHYAT HARIWIBOWO,
2019.1.22.1.02668 - MUHAMAD ROSAD,
2019.1.22.1.02671 - MUHAMMAD KHAERUR RIFQI,
2019.1.22.1.02677 - NITA MUTIA,
2019.1.22.1.02687 - QUROTU AINI,
2019.1.22.1.02689 - RENI ANISA,
2019.1.22.1.02698 - ROHANA,
2019.1.22.1.02708 - SITI ROHMAWATI,
2019.1.22.1.02710 - SUKAMDANI,
2019.1.22.1.02712 - AHMAD SYARIF MAULANA,
2019.1.22.1.02715 - YAYAH INAYAH,
2019.1.22.1.02717 - YAYAN HARDIANSYAH,
2019.1.22.1.02718 - YOFI NUR AROFA,
2019.1.22.1.02721 - ZAENAL ARIFIN,
2019.1.22.1.02728 - ROZHA FADLLUL ROKHMAN,
2019.1.22.1.02741 - LENI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini mengarahkan mahasiswa pada materi pendidikan agama Islam di SD, SMP dan SMA, sehingga diharapkan dengan mata kuliah ini mahasiswa dapat mempunyai kemampuan menganalisa materi pendidikan Agama Islam di jenjang SD, SMP dan SMA dari berbagai aspeknya serta mampu menentukan scope (seberapa luas dan ruang lingkup materi pembelajaran Agama Islam),sequence (apa yang di ajarkan lebih dulu),sumber yang di jadikan rujukan dan metode maupun pendekatan yang digunakan dalam pembelajarannya, sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif dan kematangan emosional siswa di jenjang SD, SMP, dan SMA. Mata kuliah ini berorientasi pada pengembangan konsep teoretis dan praktis tentang cara pembelajaran PAI di tingkat SD/SMP/SMA. Penguasaan terhadap materi ini sangat penting sebagai salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang calon guru PAI.

3. Capaian / Kompetensi

Pengetahuan
Mengetahuai penguasaan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi
dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam
Keterampilan Umum
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan agama Islam
Keterampilan Khusus
Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan
menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan
keputusan

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar

5. Daftar Rujukan

  1. ARAH KEBIJAKAN STRATEGIS KEMENDIKBUD - Kemendikbud - KEMENDIKBUS-2018
  2. Assesmen Nasional Kurikulum darurat Covid 19 - - Kemdikbud-2020
  3. Becoming a Teacher Educator - Anja Swennen - Springer-2009






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI326-Telaah PAI SD/SMP/SMA (2 SKS), Semester: 7 B, Dosen : Ahmad Hanafi, MA, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2022/2023, Jurusan: Pendidikan Agama Islam

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Umpan RSS