Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran (Perspektif AL-Qur’an Surat AL-Kahfi Ayat 125)
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran (Perspektif AL-Qur’an Surat AL-Kahfi Ayat 125) |
Penulis:
|
RIFKI AZIS
|
Abstrak:
|
*Skripsi ini membahas tentang Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengelolaan Proses Pembelajaran (Perspektif Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 125). Analisis ini dilatarbelakangi oleh begitu sangat strategis peran seorang guru, serta tidaklah mudah seperti yang dibayangkan orang selama ini. Mereka menganggap bahwa hanya memegang kapur dan membaca buku pelajaran, maka cukup bagi mereka untuk berprofesi sebagai guru tetapi dalam kenyataanya tidaklah demikian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 dan untuk mendeskripsikan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perspektif Al-Quran Surat an-Nahl ayat 125. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan, karena mengandalkan dokumentasi berupa jurnal penelitian, tafsir-tafsir Al-Qur’an serta menggunakan teori-teori dari buku sebagai literatur. Al-Quran Surah An-Nahl ayat 125 adalah salah satu ayat yang menawarkan berbagai metode pembelajaran yang mendidik dan bisa diterapkan oleh guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas, sebab metode pembelajaran sangatlah menentukan keberhasilan bagaimana seorang guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang baik agar tercapai sesuai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, sehingga metode pembelajaran yang mendidik dalam menyampaikan materi ketika proses belajar mengajar mempengaruhi keberhasilan hasil peserta didik Berdasarkan penelitian dan pembahasan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mendidik menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 perlu pendalaman secara khusus dalam pelaksanaannya, agar dalam proses pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada peserta didik dapat tercapai sesuai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan oleh guru. Metode-metode pembelajaran yang terdapat di dalam Al-Qur’an Surah an-Nahl ayat 125 oleh sebagian pendidik/guru sangat perlu melaksanakan metode pembelajaran tersebut dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pendidik/guru; serta menjadi solusi bagi pendidik/guru dalam mencapai kesuksesan mendidik peserta didiknya menjadi manusia yang memiliki wawasan pengetahuan yang luas, kematangan dalam berfikir, serta memiliki kepribadian yang baik; sehingga mampu membangun generasi-generasi yang unggul dan berdaya saing. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
*KOMPETENSI PEDAGOGIK, PENGELOLAAN PROSES PEMBELAJARAN, SURAH AN-NAHL 125
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJaJwPU8UE2AOK3F8wwi0Xcq3ibX0Vr%2FHuZSfaSDvnKUwZJzEXsLq5JNA4ka5mYt65RctoCj6zEcAqk%2BMkj4ANwlWd028w4PPE2w8syROFLGZEbO7Ldx4aHtqQ9heFq8t8JSbhtHeK22qAVjsdcb%2F8vIPmQtaFZtCw%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap