Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Kelompok A TKIT AL-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Kelompok A TKIT AL-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Kelompok A TKIT AL-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon
Penulis: KUROTUL AENI
Abstrak: Skripsi ini membahas mengenai pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan matematika anak di TKIT Al-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon Tahun pelajaran 2017/2018. Kajiannnya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematika anak seperti membilang dengan benda dan memasangkan bilangan dengan lambang bilangan dan tidak adanya inovasi pembelajaran matematika kepada anak sehingga anak tidak secara aktif terlibat dalam pembelajaran matematika. Karena keadaan yang begitu membosankan dan menjenuhkan membuat penghambat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan keadaan ini penelitian dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan matematika permulaan kelompok A TKIT Al-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan guna mengetahui sejauh mana kemampuan matematika anak. tes dipilih untuk mengumpulkan data mengenai hasil kemampuan anak pada bidang matematika. Dan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai prestasi anak. populasi diambil semua anak kelompok A TKIT Al-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon, dengan jumlah subyek penelitian yaitu 23 responden. Pengambilan data menggunakan tes dan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi yang kemudian dianalisis melalui statistik deskriptif yang disajikan dalam persen dan dalam kurva normal. Kemampuan matematika permulaan anak kelompok A TKIT Al-Azkia Babakan Losari sebelum menggunakan permainan bowling diperoleh data presentase sebesar 33,15%. Setelah dilakukan perlakuan menggunakan permainan bowling kemampuan matematika permulaan anak kelompok A mengalami kenaikan sebesar 82,39%. Dari perolehan data tersebut maka terdapat pengaruh yang signifikan. Teknik analisis data uji Wilcoxon mats pairs test, dengan rumus Thitung Ttabel. Penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabel jika Thitung Ttabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh berupa skor pretest dan postest dengan rumus uji jenjang bertanda wilcoxon pairs test berupa hasil Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa permainan bowling sangat berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan matematika permulaan anak di TK.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci : Permainan Bowling, Kemampuan Matematika permulaan, Pengaruh. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQM7DNnt0jvxA4tKJ3lhqRe7iIMQbkoc2UHBzSdXac%2BOe4z5rygqopVm%2Ffzf3gaQvclv3qimJqD%2BPzxmnX7EKa%2BoLGd40zN1doHLWzr8T%2BYYgbmeVTx69TfrZ70EL4max0sEb47kCufAWWtYz%2BpeO1vf%2FwJ0jkXb7%2Fs%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274408838_Skripsi_Kurotul Aeni.pdf 2.555Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274409783_1 ... psi_Kurotul Aeni (OK).docx 122.1Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Kelompok A TKIT AL-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya