Abstract:
ABSTRAK
TANTI SRI HIMAWANTI. NIM. 2014.3.2.00305 PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI DI TK TUNAS SUTRA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON
Skripsi ini membahas pengaruh media video terhadap kemampuan anak mengenal bentuk geometri di TK Tunas Sutra Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon Tahun 2018. Latar-belakang penelitian ini adalah kesulitan anak dalam mengenal bentu geometri dasar yaitu bentuk-bentuk geometri sebidang. Konsentrasi dan perhatian anak terhadap materi yang disampaikan guru masih kurang. Metode pembelajaran selama ini hanya menggunakan peralatan seadanya seperti kertas, model kayu sehingga anak terkadang berebutan dan tidak konsentasi pada penjelasan guru. Teknologi media pembelajaran berkembang cepat, seiring kemajuan zaman, perlu pemanfaatan teknologi untuk efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proporsi (persentase) dan skor kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar sebelum dan sesudah menggunakan media video pada anak di TK Tunas Sutra Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan rancangan penelitian The One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan menggunakan lembar observasi untuk mendapatkan data pembelajaran dengan media video dan data kemampuan mengenal bentuk geometri anak. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh anak kelompok A TK. Tunas Sutra Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon sebanyak 14 responden. Analisis data secara deskriptif meliputi proporsi (persentase) kemampuan menyebutkan bentuk geometri dengan benar dan rata-rata skor untuk kemampuan mengelompokan bentuk-bentuk geometri. Hasil penelitian menunjukan kemampuan menyebutkan bentuk geometri sebelum pemberian materi dengan media video rerata jawaban “benar” mencapai 54,76%. Kemampuan menyebutkan bentuk geometri meningkat 38,10% sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media video menjadi 92,86%. Kemampuan mengelompokan bentuk geometri sebelum pemberian materi dengan media video rerata skor 2,29±0,91dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) baru mencapai 7,14%, meningkat sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media video rerata skor menjadi 3,86±0,36 dan kategori BSB meningkat menjadi 78,57%. Penggunaan media video pada pembelajaran anak TK Tunas Sutra dapat meningkatkan proporsi jawaban benar dan meningkatkan skor rata-rata kemampuan mengelompokan bentuk geometri. Penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk pada anak. Penggunaan media video dapat menjadi alternatif media pembelajaran pada anak.