implementasi model pembelajaran inquiry dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTs Madinatunnajah Kota Cirebon

Publikasi Unusia

implementasi model pembelajaran inquiry dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTs Madinatunnajah Kota Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: implementasi model pembelajaran inquiry dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTs Madinatunnajah Kota Cirebon
Penulis: M. SULAEMAN
Abstrak: M. SULAEMAN NIM : 2014.17.01919 : IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS IX MTs MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman siswa dan merasa jenuh dalam proses pembelajaran materi Akidah Akhlak disekolah. Materi Akidah Akhlak dianggap kurang menarik. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang monoton membuat siswa tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon. Model pembelajaran Inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan langsung. Peran siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran; sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar. Model pembelajaran Inkuiri banyak dipengaruhi oleh aliran kognitif. Menurut aliran ini belajar pada hakikatnya adalah proses mental dan proses berpikir dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki setiap individu secara optimal Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah studi kasus, menurut Bogdan dan Bikien merupakan pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu. dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas I MTs Madinatunnajah Kota Cirebon telah dilakukan oleh guru Akidah Akhlak. 1. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang guru lakukan mengenai penerapan model pembelajaran inkuiri yang guru lakukan dalam kegiatan belajar dan mengajar. 2. Mengenai implementasi model pembelajaran inkuiri guru merancang kegiatan pembelajaran agar siswa lebih aktif, menggunakan media dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Memberikan peluang kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dan mengembangkan ketrampilan siswa. 3. Kendala yang dihadapi dalam implementasi model pembelajaran inkuiri yaitu kurangnya kemampuan berfikir siswa, minat belajar siswa dalam model pembelajaran inkuiri dan kurangnya keberanian siswa dalam berpendapat sehingga cenderung untuk diam. solusi yang harus dilakukan adalah guru harus terus memotivasi semangat belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta mampu membuat suasana belajar menarik dan menyenangkan sehingga siswa mau dan tertarik untuk belajar dan semangat. Keyword: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar siswa
Deskripsi: Kata Kunci : model pembelajaran inquiry, hasil belajar Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=4tlV9%2B6uT%2B6GkrfbsoID4W4hPJn%2FpZBrk4gR3gBkGU78tf3fcZzul3CmpTguOj9gjGDGTUtznV1wYYd0Z06sFnJ382EF5GZM3ZUiJ0viHNHQraZPcawTix9NboxvYU9znfRMz63Z%2B83vDtvwyk5Jf%2BcWVJgkzbN%2FEcCDWD2GOHs%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274314022_skripsi iman.pdf 743.8Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274315557_1. COVER 2.docx 31.10Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis implementasi model pembelajaran inquiry dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas IX MTs Madinatunnajah Kota Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya