PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Dr. Iffan Ahmad Gufron ,M.Phil.
dc.contributor.advisor Dr. H. Endang Saputra, M.Pd.
dc.contributor.author MISRANI
dc.contributor.editor MISRANI
dc.contributor.other Ibnu Farhan, M.Hum
dc.contributor.other Dr. Asep Mulyana, M.Si
dc.date.accessioned 2022-05-11T13:05:12Z
dc.date.available 2022-05-11T13:05:12Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-04-29
dc.identifier 2014.17.01927
dc.identifier.uri https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/560
dc.description Kata Kunci : COOPERATIVE LEARNING, HASIL BELAJAR Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK MISRANI. NIM. 2014.17.01927 PENGARUH MODEL COOPERATIVE LERANING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 3 PLERAD KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas pengaruh pelaksanaan model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 3 Plered kabuparen cirebon tahun 2017/2018. Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan prilaku yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dalam kelompok, proses perbuatan dan cara mendidik. Begitujuga pendidikan yang ada di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon, permasalahan yang ada pada sekolahan tersebut yaitu diawali dengan hasil belajar siswa rendah, dalam prorses belajar kurang bervariasi sehingga sekolah merasa sangat tertuntut untuk menciptakan suasana belajar yang baru, yaitu dengan menerapkan sebuah model cooperative learning yang hurusnya untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumen. Adapun dalam menganalisis datanya, penulis menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM). Selanjutnya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon adalah “sangat baik” 92,8%). Begitu pula dengan hasil belajar siswanya tergolong dalam kategori “sangat tinggi” (79,25%) . Dengan demikian model cooperative learning memiliki korelasi yang “positif” (r_xy = 0.323) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI,. Sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa t-hitung lebih rendah dari t-tabel yaitu 0,66 < 1,676. Dengan demikian, hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Ha ditolak dan Ho diterima. Kesimpulan akhir dari analis penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Plered Kabupaten Cirebon.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject COOPERATIVE LEARNING, HASIL BELAJAR
dc.title PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274312921_COPER.docx 101.2Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PLERED KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya