KONSEP PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN (Perspektif Tafsir
Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151
dan QS Ali ‘Imran: 164)
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
KONSEP PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN (Perspektif Tafsir
Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151
dan QS Ali ‘Imran: 164) |
Penulis:
|
GHINA FATIN AINI
|
Abstrak:
|
Skripsi ini membahas tentang konsep pendidik dalam Al-qur’an perspektif
tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS. Ali
‘imran: 164. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pendidik merupakan subjek
pendidikan dan alat pendidikan, karena fungsi pendidik bukan hanya
menyampaikan materi pelajaran melainkan membimbing anak didik, dan
membentuk watak serta sikap anak didik dalam berperilaku. Pendidik juga
merupakan alat peraga yang hidup, karena perilaku pendidik atau akhlaknya akan
dilihat dan ditiru oleh anak didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang
Konsep Pendidik dalam Al-Qur’an perspektif tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Fi
Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS. Ali ‘Imran: 164.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
menggunakan metode deskriptif analisis yang menggunakan teknik analisis kajian
melalaui studi kepustakaan (library research) yang bertumpu pada kajian dan
telaah teks. Hal ini dilakukan karena sumber-sumber data yang digunakan adalah
berupa data literatur. Adapun teknis analisis data yang digunakan oleh peneliti
adalah analisis isi (content analysis), metode maudhu’i.
Hasil penelitian yang ditemukan Al-Qur’an perspektif tafsir Al-Mishbah
dan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an QS. Al-Baqarah: 151 dan QS. Ali ‘imran: 164 adalah
tentang konsep pendidik.Pertama, Rasulullah SAW adalah pendidik dan suri
tauladan bagi umatnya. Kedua, Aktivitas Rasulullah pada zaman dahulu dapat
digambarkan sebagai seorang pendidik, sedangkan umat atau sahabat-sahabatnya
sebagai peserta didik sebagaimana Rasulullah membacakan ayat-ayat yang
diturunkan Allah. Ketiga, Allah mengutus Rasul untuk menyucikan mereka,
dengan menyucikan ruh mereka dari kotoran syirik, noda-noda jahiliyah.
Keempat, Bahwasannya Bangsa Arab pada waktu itu tidak berpengetahuan sama
sekali, masih dalam keadaan tersesat. Dengan datangnya Islam, Rasulullah
mengajarkan kepada umat yaitu Al-Kitab dan Al-Hikmah.
Tugas seorang guru tidak hanya mengajar (transfer of knowledge), tetapi
juga harus mampu menanamkan nilai-nilai dasar guna membangun karakter atau
akhlak pada murid dan menjadikan Al-qur’an sebagai pedoman dan dasar
pendidikannya. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Pendidik, QS. Al-Baqarah 151 dan QS. Ali ‘Imran 164.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=V6Zpsh75avNt6XXe4e3lWgQ%2FoTGbAVl3UvXNoKnsunLwt6c0DturOVKsR2tWoQCx%2FA0wnOil44ky24IJE5QTGjOPPLn5E8zEaG2Hi%2F11gQoYXQ0hLXcuxfAwIrlrUAVw1EFRX7mE7l4xGSHe2Zkq1psTAto4gIsj%2BplQwlF8iZ4%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap